Jakarta (ANTARA) - Sebanyak enam tim bertarung dalam babak playoff Liga 1 Esports Nasional yang mulai bergulir, Jumat, di Mal Taman Anggrek Jakarta selama tiga hari.

Puncak acara ini berlangsung Minggu ketika babak playoff Liga 1 Esports Nasional mempertemukan Mahadewa, Kings, Dewa United Hades, Donkey.ID x GPX, EVOS Holy, dan ONIC Miracle.

Event Director Garudaku Wim Reynaldo menjelaskan bahwa Liga Esports Nasional 2024 akan memiliki juara baru karena juara bertahan Pajajaran Esports harus pulang lebih awal tak lolos ke babak playoff.

"Total hadiah yang kita berikan untuk prize pool Liga Esports Nasional 2024 adalah Rp3,2 miliar," kata Wim kepada wartawan di Jakarta pada Jumat.

Menurut dia, tim-tim yang sebelumnya tidak tampil baik dalam Liga Esports Nasional 2023 kini tampil bagus. 

Baca juga: Tim Dominator Esports lanjutkan laga di 2024 HOK Championship

"Seperti EVOS, GPX, Dewa United Hades, ada juga Mahadewa dan Kings yang sebagai tim baru. Kalau ONIC sudah dua kali ini, dalam dua season ini berjalan selalu masuk ke playoffs," kata dia.

Liga Esports Nasional 2024 telah bergulir sejak Juni, dimulai dengan Liga 3, berlanjut ke Liga 2, kemudian Liga 1. 

Selain turnamen utama yang mempertandingkan Mobile Legends: Bang-Bang, penyelenggara juga menggelar turnamen eksibisi untuk sejumlah game, di antaranya Free Fire, Tekken, dan eFootball.

Tujuannya, mengetahui respons pemain dan untuk nantinya judul game tersebut dapat ditambahkan pada Liga Esports Nasional 2025.

Sistem promosi dan degradasi juga dilakukan di Liga Esports Nasional 2024, setelah berjalan tahun sebelumnya.

Baca juga: ATS Esports jadi tim terbaik Samsung Galaxy Gaming Academy 2024

"Pembedanya di tahun ini kita sudah menjalankan sistem promosi degradasi. Kita sudah mulai dari Liga 2, kemarin ada di tim Liga 2 itu ada promosi dua tim ke Liga 1. Tapi ada yang degradasi ke Liga 3 atau keluar dari jalur Liga 2 itu ada empat tim. Dan untuk di tahun ini juga sama untuk Liga 1-nya," papar Wim.

Tim yang lolos playoff berkesempatan mengikuti kualifikasi kejuaraan esports internasional. Wim menjelaskan empat tim terbaik dalam layoff 2023 mengikuti pemilihan tim nasional yang digelar Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) untuk IESF Riyadh 2024.

"Tapi belum ada yang lolos untuk masuk talent timnas karena belum beruntung saja. Kita harapkan dari enam tim ini nantinya ketika akan kita melakukan kualifikasi lagi untuk pencarian timnas," kata Wim.

"Seperti event internasional, baik SEA Games, Asian Games, maupun IESF, mereka dapat lolos dari jalur Liga Esports Nasional."

Baca juga: Buriram sebut disiplin kunci kemenangan FFWS SEA 2024 Fall

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024