Rekor MURI kali ini sekaligus pencapaian hattrick setelah dua tahun sebelumnya melakukan konvoi listrik dengan peserta terbanyak. Pada 2022 diikuti oleh 1.300 peserta dan 2023 diikuti oleh 1.588 peserta
Surabaya (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur kembali memecahkan rekor MURI Konvoi Motor Listrik Terbanyak serentak di 12 wilayah setempat untuk memperingati Hari Listrik Nasional Ke-79 di Surabaya, Jumat.
 
 
Acara tersebut diikuti 2.200 peserta yang berasal dari pegawai PLN, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, komunitas motor listrik, hingga pelajar yang dibalut dalam kegiatan bertajuk Electric Fun Ride dan Easy Cooking Competition.
 
"Rekor MURI kali ini sekaligus pencapaian hattrick setelah dua tahun sebelumnya melakukan konvoi listrik dengan peserta terbanyak. Pada 2022 diikuti oleh 1.300 peserta dan 2023 diikuti oleh 1.588 peserta," kata General Manager PLN UID Jawa Timur, Ahmad Mustaqir.
 
PLN menggandeng Pemprov Jawa Timur untuk konsisten mengimplementasikan transisi energi dan membangun ekosistem kendaraan listrik serta memasak menggunakan kompor induksi.
 
Ahmad Mustaqir mengatakan, komitmen untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik terus digaungkan PLN, salah satunya melalui penyiapan infrastruktur penunjang ekosistem kendaraan listrik dari hulu hingga hilir dan mengedukasi masyarakat.
 
“Upaya yang konsisten kami lakukan untuk menstimulus pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Jawa Timur ialah penyediaan pasokan daya yang cukup, penyediaan infrastruktur charging station, aplikasi PLN Mobile untuk memudahkan bertransaksi serta produk layanan penggunaan electric vehicle,” paparnya.
 
Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono yang turut serta dalam kegiatan konvoi ini, mengapresiasi konsistensi PLN dalam membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya transisi energi.
 
“Melalui kegiatan ini kami ingin menanamkan naik motor listrik itu enak, keren, mengurangi polusi dan menyelamatkan bumi. Ayo segera beralih ke kendaraan listrik karena fasilitas charging-nya sudah banyak disediakan PLN, pajaknya juga 0 rupiah,” kata Adhy.
 
Dalam kesempatan yang sama, PLN juga melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa lokasi seperti Gedung Pemkot Surabaya Jalan Jimerto, Siola Mal Pelayanan Publik Kota Surabaya, Tugu Pahlawan dan Park & Ride Arif Rahman Hakim.
 
Selain itu, PLN juga meresmikan SPKLU roda dua pertama di Surabaya yaitu di Ayam Goreng Gringging Citraland. SPKLU ini merupakan generasi terbaru yang langsung terhubung platform aplikasi PLN Mobile.
 
Target pada 2024, PLN akan menambah 100 SPKLU tersebar di berbagai wilayah. Saat ini tercatat 123 SPKLU terpasang di Jawa Timur dengan jumlah transaksi hingga 30 September 2024 sebanyak 28.404.

Baca juga: PLN meresmikan nama baru perkuat layanan di Madura
Baca juga: PLN gencarkan pemasaran layanan PACP dan REC
Baca juga: PLN pasok listrik PLTP Ijen dukung pengembangan energi terbarukan

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024