Pada pengukuran CSI tahun 2024, Bandara Lombok berhasil meraih skor CSI sebesar 4,85 dari skala 1-5
Lombok Tengah (ANTARA) - Bandara Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), meraih predikat sebagai bandara dengan pelayanan terbaik berdasarkan hasil survei Customer Satisfaction Index (CSI) 2024 yang dilakukan oleh Indonesia National Air Carriers Association (INACA).

Selain Bandara Lombok, lima bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports lainnya juga meraih predikat yang sama, yaitu Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang, dan Bandara Frans Kaisiepo Biak.

"Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi dari para pemangku kepentingan terhadap standar pelayanan di Bandara Lombok. Hal ini akan semakin mendorong kami untuk senantiasa memperkuat komitmen dalam menghadirkan pelayanan terbaik di Bandara Lombok,” ujar General Manager PT Angkasa Pura Indonesia KC Bandara Lombok Barata Singgih Riwahono di Mataram, Jumat.

Penghargaan CSI-INACA ini merupakan apresiasi INACA terhadap kinerja pelayanan bandara yang diukur melalui indeks kepuasan pelanggan atau CSI.

Pengukuran CSI oleh INACA dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Pada pengukuran CSI tahun 2024, Bandara Lombok berhasil meraih skor CSI sebesar 4,85 dari skala 1-5.

Baca juga: Penumpang di Bandara Lombok mencapai 1,79 Juta

Baca juga: InJourney Airports: 38.054 penumpang di Bandara Lombok saat MotoGP


Penilaian CSI dilaksanakan dengan melakukan survei kepada lima kelompok pemangku kepentingan bandara, yakni penumpang, awak kabin pesawat udara, maskapai penerbangan, mitra usaha di bandara, serta pengelola angkutan kargo dan logistik.

Selain untuk mengukur indeks kepuasan pelanggan, pengukuran tersebut juga ditujukan untuk menjaring informasi, umpan balik dan keluhan dari pengguna jasa yang kemudian dipergunakan sebagai dasar dalam perbaikan dan peningkatan pelayanan di bandara.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan bandara yang telah mendukung setiap upaya Bandara Lombok dalam menghadirkan pelayanan yang prima," katanya.

"Hasil pengukuran ini menjadi evaluasi sekaligus memotivasi bagi kami untuk terus melakukan perbaikan secara berkelanjutan demi terciptanya pelayanan yang berkesan bagi seluruh pengguna jasa bandara,” katanya.

Baca juga: Penumpang di Bandara Lombok naik 6,9 persen selama MotoGP 2024

Baca juga: Pelita Air buka rute penerbangan baru Jakarta-Lombok

 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024