Jakarta (ANTARA) - Petarung Bellator asal Dagestan, Rusia, Usman Nurmagomedov berencana untuk pindah ke Ultimate Fighting Championship (UFC) setelah Islam Makhachev pensiun di promotor olahraga tarung bebas terbesar dunia itu.

"Saya menunggu Islam menyelesaikan kariernya dan kemudian saya akan (mengejar gelar UFC)," kata Usman Nurmagomedov sebagaimana dikutip dari laman resmi MMA Fighting yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Ia berkeinginan mengikuti jejak sepupunya Khabib Nurmagomedov dengan pindah ke oktagon setelah rekan latihannya dan juara kelas ringan UFC Islam Makhachev selesai.

Jika rencananya berjalan mulus, kata dia, maka ia akan bertarung di UFC pada dua tahun ke depan saat ia berusia 28 tahun.

"Saya berumur 26 tahun sekarang. Dua tahun, saya akan menjadi lebih kuat dan itu saja. Pergilah ke UFC pada usia 28 tahun dan berkompetisi hingga saya berusia 32 tahun," ujarnya.

Islam Makhachev sendiri tak terkalahkan selama hampir satu dekade. Saat ini, ia menjadi petarung pound-for-pound nomor satu di Mixed Martial Arts (MMA) dengan tiga kali sukses mempertahankan gelar kelas ringan.

Sebelum memenangkan sabuk tersebut, Makhachev mendapati dirinya berada dalam situasi yang mirip dengan Usman yaitu berperan sebagai "orang berikutnya" bagi Khabib Nurmagomedov.

Baca juga: Khamzat Chimaev yakin tumbangkan Whittaker

Hal ini sejalan dengan rencana pelatih legendaris Abdulmanap Nurmagomedov yang mengembangkan semua petarung tersebut, dan menurut Khabib, rencana itu juga berlaku untuk Usman.

"Inilah yang dibayangkan Abdulmanap. Dia sangat percaya pada Usman dan selalu mengatakan bahwa dia akan menjadi juara masa depan," ujar Khabib.

Keinginan Usman Nurmagomedov untuk hengkang ke UFC bukanlah kabar baik bagi Bellator atau pemiliknya, Professional Fighters League (PFL). Salah satu pendiri PFL Donn Davis menolak hal itu sebagai kekhawatiran terhadap promosi.

"Berapa banyak dari Anda yang mengatakan akan pindah ke Florida dan pensiun dalam empat tahun, dan berapa banyak dari Anda yang melakukannya? Satu dari 10? Satu dari lima? Orang selalu mengatakan sesuatu, namun kemudian tidak melakukannya," ujarnya.

Ia mengatakan akan menjadikan Usman sukses di Bellator dengan kaya secara finansial dan menjadi juara sehingga dalam dua tahun dia melupakan apa yang dikatakannya saat ini.

Saat ini, Nurmagomedov tetap menandatangani kontrak dengan Bellator, di mana pertarungan berikutnya kemungkinan besar adalah mempertahankan gelar melawan Paul Hughes, menyusul kemenangan petarung asal Irlandia itu atas A.J. McKee di PFL Battle of the Giants.

Baca juga: Adesanya sebut Francis petarung kelas berat terhebat sepanjang masa

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024