Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Jakarta Pusat menemukan 54 lembar surat suara yang cacat pada hari ketiga pelaksanaan sortir lipat surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.
 
"Pada hari Kamis, hari ketiga proses pelipatan surat suara di gudang logistik, Jalan Angkasa Nomor 18, Kemayoran, Jakarta Pusat, ini ditemukan 54 lembar yang cacat produksi," kata Ketua KPU Jakarta Pusat Efniadiansyah saat dihubungi di Jakarta, Jumat.
 
Surat suara yang cacat itu pada umumnya memiliki gambar dan tulisan yang kurang jelas atau warna yang tidak merata. Selain itu, hingga Kamis (24/10) jumlah kekurangan surat suara di Jakarta Pusat sebanyak 3.404.
 
"Waktu kita terima kan masih dalam kardus, belum tau sesuai atau tidak, setelah kita lakukan sortir lipat baru kita periksa dan hitung kekurangannya, jadi baru ditemukan rusak karena cacat produksi, bukan saat distribusi," katanya.
 
Surat suara yang ditemukan cacat itu pun didata dan pada hari yang sama segera dilaporkan ke pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta oleh operator penerima laporan.

Baca juga: KPU Jakpus buka posko layanan pindah pemilih di apartemen dan stasiun
Baca juga: KPU Jakbar temukan 29 surat suara cacat di hari pertama sortir lipat
 
Setelah proses sortir lipat sudah selesai semua, maka KPU Jakarta Pusat kembali melaporkan jumlah surat suara yang cacat dan kekurangannya secara keseluruhan.
 
KPU Jakarta Pusat (Jakpus) melibatkan 80 pekerja untuk melipat total 800 ribu lebih surat suara dalam rangka tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) di gudang logistik, Jalan Angkasa Nomor 18, Kemayoran.
 
"Kita punya target lima hari sudah selesai sortir dan melipat surat suara. Semoga ya lancar," katanya.
 
Adapun surat suara yang diproduksi untuk wilayah Jakarta Pusat berjumlah 834.814 lembar. Surat suara tersebut sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Jakarta Pusat sebanyak 813.721 dan sisanya sebanyak 21.093 surat suara untuk cadangan sebesar 2,5 persen.
 
KPU Jakarta Pusat telah mendistribusikan 1.542 kotak suara dan 6.168 bilik suara di delapan kecamatan di wilayah tersebut sebagai persiapan pelaksanaan Pilkada Jakarta 2024 pada 15-16 Oktober 2024.
Baca juga: Bawaslu Jaksel ingatkan parpol patuhi aturan pemasangan APK
Baca juga: Polres Jaksel jamin keamanan logistik Pilkada di Gudang Sarinah

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024