Jakarta (ANTARA) - Mereka yang hendak menghabiskan liburan akhir tahun dengan melancong ke mancanegara sebaiknya mempersiapkan dan merencanakan perjalanan dengan baik, apalagi bila itu merupakan perjalanan pertama ke luar negeri.

Selain menyiapkan dokumen perjalanan yang dibutuhkan, pelancong sebaiknya merencanakan waktu keberangkatan, rute perjalanan, hingga pemilihan sarana transportasi dan akomodasi di negara tujuan wisata.

Kepada warga Indonesia yang hendak berlibur ke negara tetangga Singapura, The Standar Hotel Singapore melalui siaran persnya pada Jumat menyampaikan beberapa rekomendasi aktivitas wisata di Negeri Singa.

Menurut pengelola hotel tersebut, Singapura bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat bagi orang Indonesia yang baru pertama kali berlibur ke luar negeri.

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih dua jam dari Jakarta ke Singapura, pelancong bisa menikmati suasana kota dan objek-objek wisata di negara tetangga.

Singapura menawarkan pengalaman menjelajah kawasan budaya, menikmati keindahan alam dan lanskap modern, bermain di taman hiburan, hingga mencicipi ragam kuliner lokal.

Baca juga: Turis RI mendominasi, Singapura perpanjang kolaborasi dengan Traveloka

Berikut opsi kegiatan wisata yang bisa dicoba pelancong pemula saat berlibur di Singapura.

1. Menjelajah dan mengenal ragam budaya

Singapura memiliki beragam budaya. Warga lokalnya berbicara menggunakan bahasa yang berbeda-beda karena negara ini memiliki empat bahasa resmi, yaitu Inggris, Mandarin, Melayu, dan Tamil.

Pelancong yang ingin mengenal budaya warga Singapura bisa mengunjungi kawasan Chinatown yang kental dengan budaya peranakan Tionghoa, kawasan Haji Lane yang bersuasana Timur Tengah, dan Little India dengan deretan kios makanan dan toko-toko khas.

2. Menikmati keindahan alam dan lanskap kota modern

Wilayah Singapura memiliki berbagai spesies pohon dan bunga serta taman-taman hijau, yang membuat negara ini disebut sebagai Garden City.

Pencinta tumbuhan dan bunga-bungaan sebaiknya tidak melewatkan kunjungan ke Gardens by the Bay untuk mengamati aneka tumbuhan dan bunga. Objek wisata ini punya Flower Dome, rumah kaca terbesar di dunia berukuran 1,28 hektare yang dipenuhi beragam spesies tanaman dan bunga.

Tidak jauh dari area Gardens by the Bay ada Dragonfly Lake dan Kingfisher Lake, danau buatan dengan banyak pepohonan serta pemandangan lanskap kota.

3. Bersenang-senang di Universal Studio Singapore

Universal Studio Singapore atau USS adalah taman hiburan milik Universal Studio pertama dan satu-satunya yang ada di Asia Tenggara.

Ada beragam wahana yang bisa memicu adrenalin, pertunjukan interaktif, serta atraksi bertemakan film dan serial televisi populer di objek wisata ini.

Mereka yang ingin menuntaskan pengalaman menikmati aktivitas di USS perlu meluangkan waktu satu hari agar bisa merasakan enam zona dengan tema  berbeda di sana, yaitu The Lost Worlds, Far-Far Away, Ancient Egypt, Hollywood, New York, dan Sci-Fi City.

Pada tahun 2025, USS akan membuka zona baru bertema Minion Land.

4. Mencicipi ragam kuliner lokal

Pencinta kuliner sebaiknya tidak akan melewatkan kesempatan mencoba jajanan dan hidangan lokal Singapura.

Pada sore sampai malam hari, warga Singapura biasanya memenuhi pusat-pusat penjualan makanan yang disebut hawker centre.

Hawker center yang direkomendasikan karena pilihan makanannya beragam dan harganya terjangkau yaitu Maxwell Food Centre, Newton Food Centre, dan Lau Pa Sat.

Jangan lupa mencari dan mencoba makanan khas lokal seperti Tian Tian Chicken Rice dan kue Tapioka Xing Xing saat mengunjungi hawker centre.

Baca juga: Komunitas tanam terumbu karang daerah di wisata hiu paus Botubarani

Baca juga: Destinasi wisata baru China jadi sorotan di pameran wisata Singapura

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024