Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat memasang hidran mandiri di Gang Setia U, RT 011, RW 05, Karet Tengsin untuk mengantisipasi kebakaran di kawasan tersebut.
 
"Pemasangan hidran mandiri di satu titik, ada di RW 05 Karet Tengsin. Sudah mulai pembangunan dari Rabu (23/10) kemarin," kata Kepala Seksi Sarana dan Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat Suprianto saat dihubungi di Jakarta, Jumat.
 
Pemasangan hidran mandiri itu disertai pembangunan rumah pompa, jaringan perpipaan dan instalasi boks hidran mandiri. Pemasangan jaringan perpipaan tersambung ke beberapa titik di sekitar RW 05 Karet Tengsin.
 
"Ada 10 boks hidran yang tersambung satu sama lainnya di sekitaran RW 05 karet Tengsin, saling berkaitan, ada juga rumah pompa sebagai sumber untuk melakukan penekanan pompa air ke saluran-saluran boks hidran tersebut," katanya.
 
Program pembangunan hidran mandiri ini menindaklanjuti usulan masyarakat lewat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2022 dan baru terlaksana tahun ini. Pembangunan ditargetkan selesai pada 12 Desember 2024.

Baca juga: Kebakaran di Tambora sering disebabkan hal sepele
 
Program ini bermanfaat untuk warga RW 05 yang menjadi salah satu wilayah pemukiman padat penduduk dan sulit dijangkau oleh kendaraan petugas pemadam kebakaran. Biaya pembangunan hidran ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp2 miliar.

Suku Dinas (Sudin) Gulkarmat Jakarta Pusat bersama Sudin Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) dan pihak RT/RW juga sudah melakukan pengecekan langsung ke lapangan untuk melihat kondisi gang dan menentukan titik mana saja yang harus ditempatkan boks hidran mandiri.
 
"Jadi semua berdasarkan pengecekan di lapangan agar hidran mandiri ini menjadi upaya penanganan bencana kebakaran sehingga lebih cepat diatasi baik oleh masyarakat maupun petugas Gulkarmat," katanya.
 
Suprianto menegaskan, sosialisasi terkait pembangunan hidran dan pelatihan penanggulangan kebakaran sudah beberapa kali dilaksanakan oleh Sudin Gulkarmat kepada warga.
 
Namun, sosialisasi untuk penggunaan hidran mandiri ini nantinya dilakukan setelah pembangunan sudah rampung 100 persen. Pihaknya akan membentuk anggota penyelamatan yang diambil dari perwakilan masyarakat RT/RW setempat.
 
"Kalau sudah selesai dibentuklah dari anggota masyarakat, diambil dari beberapa orang yang terdiri dari beberapa RT RW, untuk kita lakukan pembinaan dan pelatihan terkait penggunaan hidran mandiri di situ," ujar Suprianto.

Baca juga: Sudin Gulkarmat Jakbar pasang hidran mandiri di Kemanggisan
 
Camat Tanah Abang Dicky Suherlan didampingi Lurah Karet Tengsin Hari Ananda telah meninjau pembangunan hidran mandiri dari Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat.
 
Peninjauan tersebut untuk memastikan semua pembangunan berjalan dengan lancar dan tidak ada kesalahan pemasangan nantinya.
 
"Saat peninjauan hadir bersama Sektor Gulkarmat, Ketua RW 5, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), dan RT sekaligus diarahkan agar mendukung kelancaran pembangunan sampai dengan selesai," katanya di Jakarta, Rabu (23/10).
 
Hari berharap warga nantinya bisa ikut membantu jika ada kebakaran di wilayahnya masing-masing agar tidak banyak memakan korban dan kerugian.
Baca juga: Kebakaran rumah kembali terjadi di Jakarta Utara

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024