Denpasar (ANTARA) - Bali International Film Festival atau Balinale statusnya telah meningkat menjadi festival film internasional yang mendapat pengakuan global.

Menurut siaran pers penyelenggara festival di Denpasar, Bali, Jumat, pemenang kompetisi film pendek Balinale 2025 berpeluang untuk bersaing dalam perebutan Piala Oscar untuk Film Pendek Terbaik dalam ajang Academy Awards ke-98 di Amerika Serikat pada 2026.

"Ini menjadi festival pertama di Indonesia yang menerima pengakuan berkualifikasi Oscar," kata Direktur Festival Balinale Deborah Gabinetti dalam keterangan persnya.

Menurut dia, pengakuan itu menunjukkan kenaikan status Balinale menjadi festival film internasional yang diakui secara global.

Baca juga: Balinale 2023 hadirkan 45 film dari 13 negara

Baca juga: Bali International Film Festival 2022 hadirkan 63 film dari 26 negara


Balinale, yang dilaksanakan sejak 2007, menyajikan beragam film, termasuk film pendek, film dokumenter, film naratif, dan karya eksperimental.

Deborah menyampaikan bahwa setiap tahun penyelenggara festival menerima film-film dari para sineas di berbagai belahan dunia dan menayangkan 60 hingga 80 film yang terseleksi.

Ia menyampaikan bahwa pencapaian Balinale diperoleh dengan dukungan dari mitra-mitra seperti Asian Film Awards Academy, Motion Picture Association, American Film Showcase, dan Sundance Institute Film Forward.

Balinale juga berkolaborasi dengan Hong Kong International Film Festival, Berlinale Spotlight Generation, Asia Pacific Screen Awards, Asian Film Commissions Network, dan The Juilliard School.

Baca juga: Komite FFI 2024 umumkan daftar nominasi Festival Film Indonesia 2024

Baca juga: 140 film dari 50 negara akan ditayangkan selama Jakarta Film Week 2024

 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024