Sampit, Kalteng (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng) mengimbau kepada seluruh perusahaan perkebunan maupun pertambangan untuk menyediakan angkutan mudik bagi karyawan.

"Kami telah membuat surat edaran secara resmi ke seluruh perusahaan perkebunan dan pertambangan agar menyediakan angkutan mudik secara gratis kepada karyawannya yang akan merayakan lebaran di kampung halamannya bersama keluarga," kata Kepala Dinas Sosial, Tanaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), Kabupaten Kotim, Fadlian Noor, di Sampit, Rabu.

Sebagian besar karyawan perusahaan perkebunan dan pertambangan berasal dari Pulau Jawa, dan jarak antara perusahaan dengan Kota Sampit cukup jauh, untuk itu perlu adanya angkutan yang layak untuk menuju ke pelabuhan maupun bandara.

Dengan adanya angkutan yang disediakan pihak perusahaan, diharapkan para karyawan tidak menjadi korban angkutan yang tidak layak.

Angkutan untuk karyawan yang layak tersebut adalah kendaraan yang tertutup, seperti bus atau sejenisnya. Perusahaan juga tidak dibenarkan mengangkut karyawannya dengan menggunakan kendaraan bak terbuka seperti truk angkutan barang.

Pewarta: Untung Setiawan
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014