Karya-karya itu menunjukkan bahwa kendati diasingkan, Sjahrir dan Hatta tidak pernah benar-benar terputus dari perjuangan
Banda Neira, Maluku (ANTARA) -
"Jangan mati sebelum ke Banda Neira,” ungkapan Sutan Sjahrir ini patut diamini. Keindahan alam Banda Neira memang tidak disangsikan lagi.
 
Tatkala kapal bersandar di pelabuhan, pandangan mata langsung disambut oleh keagungan Gunung Api Banda dan bentangan Benteng Belgica peninggalan Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC.
 
Berjalan sekitar 100 meter dari pelabuhan, sebuah grafiti terpampang di tembok deretan rumah lawas bergaya arsitektur kolonial.
 
Grafiti itu menampilkan potret lukisan empat tokoh, yakni Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, Des Alwi, dan Hamadi B. Husain.
 
Seolah menjadi pengingat bagi setiap pelancong bahwa di balik keindahan alam dan kekayaan rempahnya, Banda Neira punya sejarah panjang sebagai tempat perlawanan terhadap kolonialisme dan perjuangan intelektual.
 
 
Dari pulau rempah ke jejak pengasingan

Pada masa pendudukan VOC, Banda Neira sempat menjadi magnet bagi perdagangan rempah dunia.
 
Kepulauan seluas 55,3 kilometer persegi itu dikenal sebagai penghasil utama pala dan cengkih.
 
Bahkan sampai saat ini, tradisi maritim dan agrikultur pun diwariskan secara turun-temurun oleh penduduk yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan dan petani.
 
Namun, bukan hanya itu yang menarik wisatawan ke Banda Neira. Pulau Banda Neira menjadi destinasi bagi mereka yang ingin menelusuri jejak sejarah Mohammad Hatta dan Sutan Sjahrir.
 
Pada 1936 sampai dengan 1942, Banda Neira menjadi lokasi pembuangan bagi mereka yang dianggap membangkang terhadap pemerintahan Hindia Belanda.
 
Cukup terisolasi oleh laut Banda, menjadikannya tempat ideal untuk menjauhkan dari pusat pergerakan nasional. Namun bagi Hatta dan Sjahrir, Banda Neira bukan berarti keterasingan dari perjuangan.
 
Justru mereka menggunakan masa pembuangannya untuk memperdalam pemikiran tentang kemerdekaan.
 
Saat mengunjungi rumah pengasingan Hatta yang terletak di Jl. Dr. Rehatta, Banda Neira, suasana masa lalu masih terasa.
 
Rumah yang berdiri di atas lahan seluas 660 meter persegi ini memiliki tiga bangunan utama.
 
Saat masuk ke ruang tamu, terdapat lemari etalase antik yang menyimpan berbagai barang milik Bung Hatta seperti peci, kacamata, hingga buku-buku yang pernah menemaninya.
Ruang tamu rumah pengasingan Mohammad Hatta (25/10/2024). ANTARA/Bayu Saputra
 
Di ruangan lain, mesin ketik atau mesin "tik" tua masih kokoh menempati meja kerja Hatta, menjadi saksi bisu tempat di mana ia menuangkan pemikirannya tentang konsep-konsep ekonomi untuk Indonesia.

Mesin tik itu pula yang digunakannya untuk menulis berbagai artikel yang kerap diterbitkan koran Sin Tit Po, sekaligus menjadi sumber penghasilannya selama masa pengasingan.
 
Salah satu pengurus rumah pengasingan Hatta, Kipli (29), mengatakan bahwa semua barang itu asli milik sang proklamator, sengaja disimpan dan dirawat sebagai memorabilia.
 
"Penataan ruangan, furnitur dalam rumah masih autentik dipertahankan seperti saat ditinggali Bung Hatta dulu," ujarnya.
 
Swkolah sore yang didirkan Hatta dan Sjahrir di belakang rumah pengasingan Hatta (25/10/2024) (ANTARA/Bayu Saputra)
 

Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024