Jakarta (ANTARA) -
Beberapa peristiwa humaniora terjadi di Indonesia, Kamis (24/10), mulai dari Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi melakukan transformasi pendidikan tinggi hingga Komisi Nasional Disabilitas mengingatkan pemerintah segera mengesahkan RPP Konsesi dan Insentif.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.

Kemendiktisaintek tengah lakukan transformasi pendidikan tinggi
 
Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi (Kemendiktisaintek) RI melakukan transformasi pendidikan tinggi guna memajukan ekosistem pendidikan tinggi di Indonesia.
 
"Secara umum, pemerintah melalui Kemendiktisaintek memang sedang melakukan transformasi pendidikan tinggi," kata Direktur Kelembagaan Kemendiktisaintek RI Khairul Munadi dalam seminar diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (24/10).
 
 
Selengkapnya baca di sini.

Pemerintah dorong penguatan prodi hukum demi sistem hukum lebih baik
 
Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi (Kemendiktisaintek) RI mendorong penguatan program studi (prodi) hukum di seluruh universitas di Indonesia untuk membangun sistem hukum yang lebih baik.
 
"Ini menjadi target bersama, dalam konteks membangun sistem hukum di Indonesia yang lebih baik," kata Direktur Kelembagaan, Kemendiktisaintek RI Khairul Munadi dalam seminar yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (24/10).
 
 
Selengkapnya baca di sini.

RSCM sebut pembedahan dengan teknologi robotik unggul dalam ketepatan
 
Kepala Instalasi Bedah Pusat Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr. Wifanto Saditya Jeo menyebutkan operasi bedah dengan memanfaatkan teknologi robotik memiliki keunggulan dalam aspek ketepatan atau presisi dibandingkan metode konvensional.
 
"Pembedahan dengan robot itu memang satu hal yang akan berkembang di masa depan karena dengan alat robotik itu lebih presisi, lebih detail dan kita bisa melakukan tindakan-tindakan kompleks sekaligus," kata Wifanto saat ditemui di konferensi pers liver live surgery di RSCM Kencana Jakarta, Kamis (24/10).
 
 
Selengkapnya baca di sini.

Inayah Wahid: Seni jadi medium penting suarakan kemerdekaan Palestina
 
Aktivis dan figur publik Inayah Wahid menyatakan seni menjadi salah satu medium penting untuk menyuarakan perdamaian dan memperjuangkan kemerdekaan bagi masyarakat Palestina.
 
“Kita perlu lebih banyak menyuarakan kisah-kisah mendetail dan menyentuh dari Palestina. Perang ini sudah terjadi sejak lama dan untuk memperjuangkan perdamaian itu, seperti kata pepatah, kalau politik sudah enggak bisa, maka kita menggunakan seni,” katanya dalam diskusi bertajuk “Cerita dari Palestina” di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (24/10).

Selengkapnya baca di sini.

KND: Pengesahan RPP Konsesi perlindungan negara bagi disabilitas
 
Komisi Nasional Disabilitas (KND) mengingatkan pemerintahan Kabinet Merah Putih segera mengesahkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Konsesi dan Insentif sebagai bentuk perlindungan negara terhadap penyandang disabilitas.
 
Komisioner KND Kikin Tarigan menjelaskan pengesahan RPP tersebut menjadi satu-satunya peraturan pemerintah, sebagai amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang belum terpenuhi.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024