Jakarta (ANTARA) - Tottenham melanjutkan tren kemenangan mereka pada ajang Liga Europa dengan mengalahkan AZ Alkmaar dengan skor tipis 1-0 di Stadion Tottenham Hotspur, London, Jumat dini hari WIB.

Pada pertandingan ini kemenangan Tottenham hadir berkat eksekusi penalti dari Richarlison yang terjadi ketika awal-awal babak kedua, demikian catatan UEFA.

Ini merupakan kemenangan ketiga beruntun bagi Tottenham pada ajang Liga Europa setelah sebelumnya mengalahkan Qarabag FK dan Ferencvaros.

Hasil ini membuat Tottenham menempati peringkat kedua klasemen sementara Liga Europa dengan torehan sembilan poin dari tiga laga, sedangkan AZ Alkmaar menempati posisi 24 dengan tiga poin.

Secara statistik Tottenham mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 59 persen penguasaan bola dan melepaskan 16 tendangan yang lima di antaranya tepat sasaran.

Tottenham mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada pertandingan dan memiliki peluang ketika laga baru berjalan empat menit lewat sundulan pemain muda Mikey Moore.

Berawal dari umpan silang yang dikirimkan oleh Timo Werner, bola dapat disambut oleh sundulan Moore di tiang jauh AZ Alkmaar, namun upaya dari pemain berusia 17 tahun tersebut masih menyamping.

Tottenham kembali mendapatkan peluang setelah umpan terobosan Lucas Bergvall dapat diterima oleh Werner, namun tendangannya masih terlalu lemah dan diamankan kiper AZ Alkmaar Rome-Jayden Owusu-Oduro.

AZ Alkmaar berbalik memberikan ancaman melalui sundulan Alexandre Penetra yang menerima umpan sepak pojok, namun kiper Tottenham Fraser Forster dapat menghalau bola.

Memasuki babak kedua, Tottenham kembali menciptakan peluang, kali ini umpan dari Moore dapat diterima Brennan Johnson yang tendangannya masih belum menemui sasaran.

Tottenham memiliki peluang emas untuk unggul terlebih dahulu setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti dari wasit karena Bergvall dilanggar di kotak terlarang oleh Maxim Dekker.

Richarlison yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dengan baik setelah tendangannya ke tengah gawang AZ Alkmaar tak dapat ditbak oleh Owusu-Oduro sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit ke-53.

Tertinggal satu gol, AZ Alkmaar merespon dengan menciptakan peluang emas lewat tendangan Troy Parrot yang tinggal berhadapan dengan Forster, namun masih belum berbuah menjadi gol.

AZ Alkmaar harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-85 setelah David Moller Wolfe diganjar kartu merah langsung oleh wasit karena melakukan pelanggaran keras kepada Brennan Johnson.

Tottenham yang unggul jumlah pemain berusaha untuk mempertahankan keunggulan mereka dan hal itu sukses mereka lakukan karena hingga peluit panjang dibunyikan, skor 1-0 untuk kemenangan Spurs tetap bertahan.

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024