Survei itu dilakukan 10 hingga 16 Oktober 2024 dengan melibatkan 2.000 responden
Jakarta (ANTARA) -
Hasil survei yang dilakukan Poltracking Indonesia menyebutkan pendukung mantan calon presiden Anies Baswedan cenderung akan melabuhkan pilihannya kepada pasangan calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Pilkada Jakarta.
 
"Ridwan Kamil-Suswono menjadi pasangan yang paling banyak dipilih oleh pemilih Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2017 dan Pilpres 2024," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda di Jakarta, Kamis.

Baca juga: KPU DKI targetkan sortir dan lipat suara rampung akhir Oktober
 
Dalam survei itu, Poltracking Indonesia mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta selama masa kepemimpinan Anies Baswedan.
 
Menurut dia sebanyak 71,4 persen responden menjawab puas terhadap kinerja gubernur Jakarta yang berpasangan dengan Sandiaga Uno itu saat berkontestasi dalam pilkada Jakarta pada 2017.
 
"Jadi, yang puas terhadap Anies Baswedan sebanyak 71,4 persen itu ternyata lebih banyak memilih Ridwan Kamil-Suswono sebanyak 51,1 persen. Baru disusul Pramono Anung-Rano Karno 38,5 persen," ujarnya.

Baca juga: KPU tetapkan pemilih difabel di Pilkada DKI Jakarta sebanyak 57 ribu
 
Demikian pula dengan pemilih Anies Baswedan dalam Pilpres 2024. Hanta Yuda menyampaikan bahwa sebagian besar melabuhkan pilihan kepada Ridwan Kamil Suswono dengan persentase 48 persen.
 
Begitu pun, pemilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam pilkada 2017, mereka kini memilih pasangan RIDO.
 
"Pemilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno lebih ke Ridwan Kamil kecenderungannya. Di pemilih Anies ini, kecenderungannya juga sama ke Ridwan Kamil 54,2 persen. Baru kemudian ke Pramono dan Rano 35,4 persen. Itu adalah temuan kami berdasar peta elektoral per 10-16 Oktober 2024," paparnya.

Baca juga: Bawaslu Jaksel siap kerahkan 3.270 pengawas TPS Pilkada DKI
 
Survei itu dilakukan 10 hingga 16 Oktober 2024 dengan melibatkan 2.000 responden yang merupakan warga Jakarta berusia 17 tahun ke atas.
 
Metode survei yang digunakan adalah sampel acak multi tahap atau multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sistem pengambilan survei dilakukan dengan wawancara tatap muka.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024