Jakarta (ANTARA) - Federasi sepak bola Indonesia atau PSSI merespon turunnya peringkat timnas Indonesia dari peringkat 129 FIFA dengan 1124,17 poin per 19 September menjadi peringkat 130 dengan 1118,87 poin per hari ini.

Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga ketika ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, mengatakan penurunan peringkat itu adalah hal yang wajar jika mengacu hasil terakhir timnas yang menelan kekalahan 1-2 dari China di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pekan lalu.

"Yang pertama, wajar juga kita turun peringkat, orang kalah kok. Wajar ya," kata Arya.

"Ya kita kalau kalah ya harus terima, mau bilang apa lagi. Dengan kondisi yang ada," tambah dia.

Arya lalu mengatakan Indonesia masih dapat memperbaiki peringkat FIFA dari pertandingan-pertandingan resmi selanjutnya, seperti laga melawan Jepang dan Arab Saudi pada November.

Sebanyak dua laga putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia itu akan dimainkan pada 15 November dan 19 November di Indonesia.

Baca juga: Indonesia turun ke peringkat 130 FIFA

"Ya nanti kita kejar lagi peringkatnya. Kita kejar lagi dari peringkatnya. Ini kan Jepang kan sekarang naik nomor 16. Mana tahu kita dapat poin tahan seri kan naik juga itu," jelas dia.

Sementara itu, dari empat pertandingan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia saat ini berada di posisi kelima klasemen sementara Grup C dengan tiga poin, mengoleksi poin yang sama dengan China yang berada di posisi juru kunci.

Tim Garuda terpaut dua poin dari tiga tim di atasnya, yaitu Bahrain, Arab Saudi, dan Australia. Sedangkan dengan Jepang, Indonesia berjarak tujuh poin dari tim Samurai Biru tersebut yang menghuni puncak klasemen.

Baca juga: PSSI sebut peluang Kevin Diks main di November berat
Baca juga: PSSI minta suporter tetap dukung penuh Shin Tae-yong di timnas

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024