Jakarta (ANTARA) - Direktur PoliEco Digital Insights Institute (PEDAS) Anthony Leong menilai Meutya Hafid merupakan sosok yang tepat untuk membawa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menuju transformasi penguatan keamanan siber.

Ekspektasi itu, kata Anthony, layak disematkan kepada Meutya lantaran kader Partai Golkar itu memiliki pengalaman di bidang media massa sebagai jurnalis dan politisi.

"Pengalaman beliau sebagai jurnalis memberikannya kemampuan berkomunikasi yang kuat dan pemahaman mendalam tentang informasi publik. Di sisi lain, latar belakang politiknya memperkuat kapasitas kepemimpinan dalam menyusun dan mengimplementasikan kebijakan digital nasional," kata Anthony dalam siaran pers yang diterima, Kamis.

Baca juga: Meutya Hafid fokus ruang digital aman hingga pemerataan internet

Menurut Anthony, penguatan keamanan siber harus dilakukan demi menghindari kebocoran data karena aksi peretasan, seperti yang sempat terjadi sebelumnya.

Transformasi tersebut, kata Anthony, hanya bisa terjadi jika para pemangku jabatan mampu mengambil kebijakan yang cepat dan tepat demi memperkuat keamanan siber.

Tidak hanya itu, dia menilai kebijakan tersebut juga harus disosialisasikan Kemenkominfo kepada masyarakat agar publik mendapatkan literasi digital yang cukup tentang keamanan siber.

"Selain itu, Kemenkominfo harus menekankan pentingnya inovasi baru untuk memastikan Indonesia dapat bersaing dalam ekonomi digital global," kata Anthony.

Selain penguatan keamanan, Anthony menilai pemerintah juga perlu memperkuat infrastruktur digital hingga pelosok daerah demi tercapainya sistem pemantauan yang merata.

Pemerataan infrastruktur itu, menurut dia, juga harus beriringan dengan penguatan pertahanan sistem siber di daerah. Hal tersebut penting untuk dilakukan mengingat seluruh aktivitas masyarakat saat ini semakin bergantung dengan internet.

Seluruh pencapaian tersebut, kata Anthony, hanya bisa dicapai oleh sosok yang matang di dunia informasi dan berpengalaman dalam membuat kebijakan politik seperti Meutya Hafid.

Karena hal tersebut, Anthony mengapresiasi langkah Presiden Prabowo Subianto lantaran mendapuk mantan penggawa Metro TV dan politisi Partai Golkar ini.

Baca juga: Pakar UI: Era AI dan keamanan data jadi tantangan Menkomdigi baru
Baca juga: Kementerian Komunikasi dan Digital siap bekerja di pemerintahan baru
Baca juga: Menanti sepak terjang Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid

Pewarta: Walda Marison
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024