Jakarta (ANTARA) - Pecatur Fabiano Caruana dan Carissa Yip mempertahankan gelar pecatur terbaik Amerika Serikat usai memenangkan kejuaraan U.S Chess Champions 2024.

Bagi Fabiano Caruana gelar U.S Chess Champions kategori putra kali ini merupakan gelar keempatnya sepanjang karier. Sementara kemenangan di kejuaraan ini membuat Carissa Yip menjuarai U.S Chess Champions kategori putri sebanyak tiga kali.

Dikutip dari laman FIDE, Kamis, U.S Chess Champions menggunakan sistem round-robin menghadapi 12 pecatur dengan memperebutkan total hadiah sebanyak 250.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp3,9 miliar.

Fabiano Caruana menapaki puncak klasemen seusai membungkam Abhimanyu Mishra pada pertandingan keempat. Usai kemenangan tersebut, pecatur berusia 32 tahun tersebut tak tergoyahkan dari puncak klasemen hingga pertandingan ke-12.

Sementara peringkat kedua harus ditempati oleh enam pecatur yang memperoleh poin sama, yakni Ray Robson, Awonder Liang, Leinier Dominguez, Sam Sevian, Levon Aronian, dan Hans Neimann.

Sedangkan di kategori putri, Carissa Yip mendominasi sejak awal usai mencatatkan delapan kemenangan berturut-turut. Catatan kemenangan tersebut juga membuat Carissa Yip menunjukkan performa impresif mendekati rekor pecatur Bobby Fischer pada kejuaraan yang sama pada 1963/1964.

Meski demikian, Carissa Yip gagal menyamai rekor Fischer yang menyapu bersih kemenangan dalam satu kali kejuaraan.

Sedangkan Begim Tokhirjonova meraih kemenangan penting atas Tatev Abrahamyan di babak terakhir sekaligus mengantarkannya merebut medali perak dan lolos ke Piala Dunia Wanita FIDE. Lalu medali perunggu digondol oleh Alice Lee yang harus puas mengakhiri pertandingan dengan hasil remis saat bersua Begim Tokhirjonova di pertemuan penentuan.

Baca juga: Regu Putra Indonesia pecundangi Hungaria di Olimpiade Catur 2024
Baca juga: Putra Indonesia libas Namibia di babak ketiga Olimpiade Catur 2024
Baca juga: Indonesia lumat Grenada dan Bhutan di babak pertama Olimpiade Catur

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024