Kalau untuk menteri PU-nya semuanya melanjutkan, mungkin ada peresmian-peresmian yang sudah siap kita (akan) resmikan, seperti Istana Garuda
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Diana Kusumastuti mengungkapkan Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara atau IKN, Kalimantan Timur akan diresmikan oleh Presiden RI Prabowo Subianto.

"(Akan diresmikan oleh) Presiden, Insya Allah," ujar Diana dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Diana tidak menjelaskan lebih lanjut kapan Istana Garuda tersebut akan diresmikan oleh Presiden Prabowo, namun dirinya mengungkapkan bahwa peresmian Istana Garuda di IKN menjadi bagian dari rencana 100 hari kerja pertama Kementerian PU.

"Kalau untuk menteri PU-nya semuanya melanjutkan, mungkin ada peresmian-peresmian yang sudah siap kita (akan) resmikan, seperti Istana Garuda," kata Diana.

Selain Istana Garuda IKN, proyek-proyek infrastruktur lainnya yang akan diresmikan seperti bendungan (waduk), pasar, dan stadion.

"Kemudian ada waduk juga, lalu pasar, stadion yang sudah siap mungkin kita akan resmikan," kata Diana.

Sebagai informasi, Presiden ketujuh RI Joko Widodo telah meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur pada Jumat (11/10) sebagai fasilitas kediaman resmi Presiden Indonesia.

Selain Istana Negara, di lokasi itu juga ada Istana Garuda yang berfungsi sebagai kantor presiden. Istana Garuda terletak di atas bukit, di belakang Istana Negara, dan menghadap ke Taman Plaza Seremoni dan Bukit Bendera IKN.

Pembangunan Istana Negara dan Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan karya anak bangsa. Di samping itu, seluruh material yang digunakan dalam pembangunan Istana Negara dan Istana Garuda juga dikirim dari berbagai daerah di Indonesia.

Pembangunan tersebut tidak hanya berperan penting dalam sejarah IKN, tetapi juga berperan penting dalam perkembangan Urban Design Development di Indonesia.

Baca juga: Ketua Satgas Perumahan: Prabowo komitmen lanjutkan pembangunan IKN
Baca juga: Basuki Hadimuljono: Presiden Prabowo akan mempercepat pembangunan IKN
Baca juga: Wamen PU sebut pembangunan IKN dilanjutkan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024