Satu kelompok targetnya 12 kotak
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat menargetkan kegiatan sortir dan lipat sebanyak 360.000 surat suara di gudang logistik Rawa Lele, Kalideres pada hari ini.

Ketua KPU Jakbar Endang Istianti menyebut pekerja yang terlibat di dalam pekerjaan sortir dan lipat dibagi menjadi 15 kelompok.

"Satu kelompok targetnya 12 kotak. Satu kotak itu isinya 2.000 surat suara," ungkap Endang kepada wartawan di lokasi, Kamis.

Baca juga: KPU DKI targetkan sortir dan lipat suara rampung akhir Oktober

Adapun secara normal kegiatan sortir lipat dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Para pekerja sortir dan lipat berjumlah 69 orang yang bekerja hari ini diberi waktu istirahat selama satu jam mulai pukul 12.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB.

"Kami mulai bekerja jam 08.00 WIB sampai jam 17.00 WIB, di selang istirahat siang jam 12.00 WIB sampai jam 13.00 WIB," ungkap Endang.

Baca juga: KPU tetapkan pemilih difabel di Pilkada DKI Jakarta sebanyak 57 ribu

Lebih lanjut, Endang mengatakan bahwa kegiatan sortir dan  lipat surat suara akan dilakukan selama lima hari terhitung mulai hari ini.

Di lokasi, para pekerja sortir dam lipat terbagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapat satu meja dan melakukan pekerjaannya sambil berdiri.

Surat-surat suara yang ada disortir terlebih dahulu untuk mendeteksi cacat pada surat suara. Kemudian, surat suara yang telah dipastikan normal atau tanpa cacat dilipat menggunakan potongan pipa paralon.

Baca juga: KPU DKI akan adakan simulasi pemungutan suara pada 24 Oktober 2024

Para pekerja itu pun telah mulai bekerja sambil diawasi oleh petugas pengawas dari KPU Jakbar serta petugas Kepolisian setempat.

Sesekali petugas pengawas dari KPU Jakbar menggunakan pengeras suara untuk mengingatkan para pekerja sortir lipat agar tetap teliti menyortir surat suara cacat dan melipat surat suara yang normal dengan benar.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024