Untuk mendapatkan uang baru ini gratis, tidak di pungut biaya,tanpa jumlah minimal, berapapun akan dilayani
Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia menggelar kegiatan kas keliling penukaran uang di lima pulau berpenduduk di Kabupaten Kepulauan Seribu untuk melayani penukaran uang bagi warga yang membutuhkan.

"Kegiatan ini berlangsung pada 21-25 Oktober 2024 disertai kegiatan 'Sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah'," kata Kepala Seksi Pengolahan Uang Rupiah (PUR) Bank Indonesia, M. Ichsan Ramadani di Jakarta, Kamis.

Baca juga: BI DKI: Pertumbuhan ekonomi Jakarta terjaga berkat dukungan investasi

Ia mengatakan layanan ini diberikan bagi masyarakat yang membutuhkan pecahan uang baru seperti uang pecahan Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000,Rp 5.000, Rp2.000 dan Rp1.000," kata dia.

Ia mengatakan jumlah uang modal penukaran yang disiapkan dalam program ini sebesar Rp1,5 miliar yang tersebar lima pulau penduduk yang dikunjungi adalah Pulau Sabira, Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, Pulau Panggang, dan Pulau Pramuka.

Dia berharap dengan pelayanan BI ini, masyarakat bisa terbantu untuk mendapatkan uang baru.

Baca juga: Program Jawara bisa tingkatkan omzet 133 persen per bulan

"Untuk mendapatkan uang baru ini gratis, tidak di pungut biaya,tanpa jumlah minimal, berapapun akan dilayani,” kata dia.

Sementara itu Plt Kesra Kelurahan Pulau Panggang, Abdul Salam mengapresiasi kegiatan ini, karena dapat membantu kebutuhan masyarakat.

“Kegiatan ini sangat positif dan memberikan wawasan kepada masyarakat tentang cara merawat uang,” kata dia.

Baca juga: BI DKI gencarkan penggunaan QRIS ke UMKM lewat "Festival Ruang Rasa"

Warga Pulau Pramuka, Mitun (56) mengatakan dengan adanya penukaran uang ini, dirinya dimudahkan untuk penggantian uang yang sudah lusuh.

“Semoga kegiatan bisa berlangsung secara rutin,” kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024