Jakarta (ANTARA) - Danone Indonesia berhasil melebarkan sertifikasi B Corp nya untuk kategori Specialized Nutrition lewat raihan nilai 98.6 sebagai tanda konsistensi dalam membawa kebaikan untuk masyarakat dan lingkungan lewat bisnisnya.

CEO Danone Indonesia Laurent Boissier menjelaskan sejalan dengan ambisi Danone Impact Journey (DIJ), Danone Indonesia berkomitmen meningkatkan dampak positif dari kegiatan bisnisnya, terutama dalam bidang kesehatan, lingkungan dan komunitas serta transparansi tata kelola.

“Kami bangga kembali menjadi perusahaan tesertifikasi B Corp. Bagi kami, lebih dari sekadar sertifikasi, B Corp menjadi gerakan untuk menciptakan dunia yang lebih baik, melalui praktik bisnis yang berkelanjutan dan berdampak positif baik secara operasional bisnis dan dampaknya untuk sosial dan lingkungan," kata Laurent melalui keterangan pers yang diterima, Kamis.

Baca juga: Danone Indonesia gandeng 50 pesantren tanam komoditas hortikultura

Melalui pencapaian ini, Danone Indonesia sebagai perwakilan yang penting bagi Danone, berkontribusi mendukung ambisi global Danone untuk menjadi 100 persen B Corp Certified pada tahun 2025.
 
Saat ini, Indonesia mengalami tantangan kompleks yang meliputi berbagai aspek, seperti aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Berdasarkan data BPS menunjukkan 9,79 persen penduduk Indonesia termasuk golongan penduduk miskin, sementara itu kesenjangan sosial semakin nyata, di mana saat ini tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk Indonesia (rasio gini) sebesar 0.379 berdasarkan data Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Baca juga: Danone Indonesia raih Top Halal Award 2024

Masyarakat Indonesia juga dihadapkan fakta bahwa Indonesia menjadi penghasil emisi karbon terbesar kedua, khususnya dari sektor alih fungsi lahan yang dilansir dari Global Carbon Project (2023), hal ini tentunya memengaruhi keberlangsungan hidup masyarakat dan makhluk hidup di dalamnya.

Dalam menjawab tantangan yang ada saat ini, dibutuhkan peran aktif dari berbagai pihak, salah satunya industri dengan menjalankan bisnis yang tidak hanya berorientasi pada profit, namun menjalankan operasinya dengan bertanggungjawab dan berdampak positif.

"Sertifikasi B Corp hadir untuk mengevaluasi bagaimana praktik bisnis berjalan secara keseluruhan dan mengukur bagaimana bisnis model yang dimiliki membawa dampak terhadap lingkungan dan masyarakat, seperti yang dilakukan oleh Danone Indonesia,” kata Thomas Ng selaku Executive Director B Lab South East Asia.

Baca juga: Aqua bersama Popsea kembangkan fasilitas daur ulang modern di Kaltim

Ia menambahkan bahwa pihaknya juga melihat secara jelas bahwa Danone Indonesia memegang teguh dalam menggunakan kekuatan bisnis untuk kebaikan. Terbukti dari audit skor yg meningkat setiap tahunnya dan bagaimana kategori bisnis lainnya yakni Specialized Nutrition bergabung dalam perusahaan yang telah tesertifikasi B Corp.

Sebagai bagian dari evaluasi untuk mendapatkan sertifikasi B Corp, B Lab selaku organisasi nirlaba yang melakukan sertifikasi memberikan penilaian pada 5 aspek, meliputi Community, Environment, Customers, Governance, dan Workers.

Dalam proses produksi, keberlanjutan dan kelestarian lingkungan menjadi prioritas Danone Indonesia, hal ini diwujudkan dengan menjalankan model bisnis guna ulang, menggunakan energi baru terbarukan (EBT) melalui boiler biomassa dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap panel surya di beberapa pabriknya di Indonesia yang sejalan dengan target pemerintah untuk Net Zero Emission pada tahun 2060.

Baca juga: Danone Indonesia berhasil berkontribusi jaga sumber daya air

Untuk memberikan yang terbaik bagi kesehatan konsumen, Danone Indonesia memegang jaminan kualitas produk melalui standar sertifikasi, menyediakan layanan edukasi dan pengaduan konsumen 24 jam melalui multi-channel.

B Corp adalah sertifikasi untuk perusahaan yang memenuhi standar tinggi dalam hal kinerja sosial dan lingkungan secara keseluruhan, transparansi dan akuntabilitas, yang diberikan oleh B Lab, sebuah lembaga nonprofit yang fokus mendorong perusahaan profit untuk meningkatkan dampak positif dari kegiatan usahanya, menjadikan sebuah bisnis sebagai kekuatan untuk kebaikan.

Baca juga: Pabrik Danone Indonesia capai 6000 hari tanpa kecelakaan kerja

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024