Kami menyampaikan permohonan maaf kepada warga sekitar atas tindakan tersebut. Kejadian itu tidak akan terulang kembali, sampah yang dimaksud tersebut sudah diambil kembali dan dimusnahkan
Ambon (ANTARA) - Komando daerah militer (Kodam) XV Pattimura meminta maaf kepada masyarakat Kota Ambon karena oknum anggotanya membuang sampah di lingkungan warga.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada warga sekitar atas tindakan tersebut. Kejadian itu tidak akan terulang kembali, sampah yang dimaksud tersebut sudah diambil kembali dan dimusnahkan," kata Kapendam XV/Pattimura Kolonel Inf Heri Krisdianto di Ambon, Kamis.

Hal itu dikatakannya usai beredar postingan dari salah satu media yang memberitakan tentang sampah yang diduga milik Kodam XV/Pattimura dibuang di tempat yang tak semestinya yaitu di pembuangan sampah di kawasan Ahuru, Kecamatan Sirimau, Ambon, yang juga terdapat banyak tumpukan sampah lainnya yang bukan hanya milik Kodam XV/Pattimura.

"Sampah yang diberitakan tersebut adalah satu buah white board yang sudah tidak digunakan, Lantas difoto kemudian diviralkan," katanya.

Baca juga: Kodam Pattimura beri penghargaan prajurit yang cegah aksi bunuh diri

Ia menuturkan bahwa tindakan tersebut dilakukan oleh oknum anggota yang tidak mengetahui bahwa tempat tersebut saat ini sudah tidak diperbolehkan untuk digunakan sebagai Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

“Oknum anggota ini sebelumnya melihat banyak tumpukan sampah di tempat itu, sehingga dia ikut membuang sampah di situ, dan juga tidak terlihat tanda larangan, jadi oknum mengira di lokasi itu memang tempat pembuangan sampah,” jelasnya.

Kapendam mengatakan oknum tersebut sudah diberikan teguran oleh pimpinan. Karena apapun alasannya, tindakan itu tetap salah dan tidak dibenarkan.

Baca juga: Pemkot Ambon andalkan bank sampah topang kebersihan kota

Kapendam juga mengaku sampah yang dibuang di tempat tersebut merupakan pertama kalinya dilakukan oleh oknum anggota.

"Selama ini Kodam XV/Pattimura sangat peduli dengan sampah, aksi pembersihan sampah juga sering dilakukan oleh satuan jajaran Kodam untuk membantu pemerintah daerah, bukan hanya pembersihan di pemukiman, pasar, namun juga di Sungai hingga Laut/pantai," kata dia.

Selain itu Kapendam juga mengimbau kepada semua pihak agar lebih peduli dengan sampah, sehingga tercipta suasana yang bersih dan sehat.

"Mari kita semua peduli menjaga kebersihan, dan membuang sampah di tempat yang sudah di sediakan oleh pemerintah daerah," ujar Heri Krisdianto.

Baca juga: DLHP Ambon usulkan tambahan 10 armada sampah di 2025

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024