Kondisi gelombang tinggi tersebut berpotensi terjadi pada Kamis (24/10) malam hingga Jumat (26/10) pagi
Medan (ANTARA) - Stasiun Meteorologi Maritim Belawan, Sumatera utara, memprediksi gelombang setinggi 1,5 hingga 2 meter berpotensi terjadi di Samudera Hindia barat Sumatera.

"Kondisi gelombang tinggi tersebut berpotensi terjadi pada Kamis (24/10) malam hingga Jumat (26/10) pagi," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Rizki Fadhillah di Medan, Kamis.

Selain di Samudera Hindia barat Sumatera, lanjutnya, gelombang tinggi 1,5 hingga 2 meter juga berpotensi terjadi di wilayah perairan utara Pulau Sabang dan perairan barat Aceh.

Baca juga: BMKG prakirakan cuaca Indonesia berawan hingga hujan pada Kamis

Pola angin di wilayah perairan Sumatera bagian utara pada umumnya bertiup dari arah barat hingga barat laut dengan kecepatan berkisar antara 2 - 20 knot.

"Bagi nelayan dan pemangku kepentingan lainnya, juga warga yang bermukim di tepi pantai diimbau agar waspada dengan potensi terjadi gelombang tinggi tersebut," katanya.

Sementara berdasarkan data dari Balai BMKG Wilayah I Medan, cuaca di Sumatera Utara pada Jumat (25/10) pagi diprakirakan cerah berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Langkat.

Baca juga: BMKG prakirakan hujan ringan terjadi di Jakarta pada Kamis malam

Sedangkan siang hingga sore hari cerah berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Langkat.

Sementara malam hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Deli Serdang, Karo, Binjai, Langkat, dan sekitarnya.

Kemudian dini hari berpotensi hujan ringan di wilayah Asahan, Kota Pematang Siantar, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Padang Lawas Utara, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Toba, dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG imbau pelaku pariwisata waspadai gelombang tinggi di Labuan Bajo
 

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024