Jakarta (ANTARA) - Dalam menempuh studi doktoral atau S3 terdapat masa studi atau durasi yang harus mahasiswa tempuh untuk menyelesaikannya. Studi S3 atau program doktoral merupakan pendidikan formal tertinggi dalam dunia perkuliahan.

Dalam studi doktoral atau S3, fokus utamanya menjalankan penelitian mendalam di bidang keilmuan untuk mendapatkan gelar Doktor atau Ph.D.

Durasi studi doktoral atau S3 dapat bervariasi, salah satunya tergantung pada negara tempat menempuh pendidikan. Lantas, berapa lama studi doktoral di berbagai negara?

Indonesia

Di Indonesia, durasi atau masa studi doktoral atau S3 umumnya dapat diselesaikan dalam waktu 3 tahun atau 6 semester, serta dapat ditempuh selama-lamanya 10 semester. Namun, durasi ini bisa berbeda untuk setiap mahasiswa tergantung pada disiplin ilmu, penelitian yang akan dilakukan, serta kampusnya.

Amerika Serikat

Menempuh studi doktoral pada perguruan tinggi di Amerika Serikat biasanya memakan waktu antara 4 hingga 6 tahun. Namun, pada umumnya memerlukan waktu lebih dari 4 tahun.

Program ini sering dimulai dengan kursus yang harus diambil sebelum memasuki tahap penelitian. Mahasiswa yang diterima untuk studi doktor diwajibkan mengikuti mata kuliah utama dan/atau elektif dari semester pertama hingga ketiga/keempat.

Setelah lulus mata kuliah tersebut, mahasiswa diwajibkan menulis proposal penelitian dan mempersiapkan Ph.D candidacy-nya dan barulah mahasiswa dapat melakukan penelitian disertasi.

Belanda

Menempuh studi doktoral pada perguruan tinggi di Belanda umumnya ditempuh dalam waktu 4 tahun. Mahasiswa nantinya sangat terfokus pada penelitian dengan sedikit atau tanpa kursus tambahan. Mahasiswa program doktor juga dapat langsung melakukan penelitian di bidang yang telah disetujui oleh promotor. utama

Australia

Beberapa perguruan tinggi di Australia menerapkan program doktor dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 tahun. Pada umumnya, perguruan tinggi dengan sistem pendidikan 3 tahun untuk program doktor di awal tahun pertama program dapat melakukan penelitian (reVearch) di bidang yang telah didiskusikan dan disetujui oleh promotor utamanya.

Inggris

Di Inggris program studi doktoral biasanya berlangsung antara 3 hingga 4 tahun. Mahasiswa studi doktoral lebih fokus pada penelitian dan harus menunjukkan hasil penelitian yang signifikan dan membuat disertasi yang mendalam.


Baca juga: Gelar profesor: pengertian dan cara mendapatkannya 

Baca juga: Sosok Stella Christie, Profesor Tsinghua University calon anggota kabinet Prabowo

Baca juga: Daniel Radcliffe kenang sosok pemeran Profesor McGonagall Maggie Smith

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024