Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tunis menggelar peringatan Hari Santri Nasional 2024 di Wisma Dubes RI untuk Tunisia, Selasa (22/10).

"Kita semua, khususnya saya, yang mempunyai latarbelakang santri, patut bangga dan bersyukur karena sejak 2016 lalu, pemerintah telah menghadiahkan kepada kaum santri, yaitu Hari Santri Nasional. Maka dari itu, para santri, khususnya para mahasiswa Indonesia di Tunisia yang berasal dari kalangan santri harus melakukan refleksi yang sebaik-baiknya, khususnya dalam rangka melanjutkan misi membangun negeri," kata Dubes RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi.

Melalui siaran pers KBRI Tunis di Jakarta, Kamis, Zuhairi mengatakan para santri harus menjadi dan mengambil bagian penting dalam membangun Bumi Pertiwi Indonesia.

Zuhairi, yang merupakan lulusan Pesantren Al-Amien, Prenduan Sumenep Madura, menegaskan bahwa Hari Santri Nasional 2024 menjadi momentum refleksi untuk meneguhkan peran pesantren dan santri dalam membangun peradaban Indonesia.

Dia juga menjelaskan karakteristik santri dalam mencintai negeri, mencintai ilmu dan mencintai pengabdian dan kerja untuk negeri.

"Para santri sejatinya mempunyai karakter dalam mencintai negeri, mencintai ilmu, dan mencintai pengabdian pada negeri tercinta. Indonesia akan selalu kokoh, maju, dan jaya, karena didukung para santri yang di dalamnya mengalir spirit kebangsaan yang tinggi", katanya.

Kegiatan peringatan Hari Santri Nasional 2024 tersebut dihadiri para diplomat dan mahasiswa Indonesia di Tunisia.

Acara tersebut juga dimeriahkan Band PCIM Tunisia dan dilanjutkan dengan pelantikan pengurus Persatuan Pelajar Tunisia periode 2024-2025, pelantikan PCINU Tunisia periode 2024-2026 serta kuliah umum tentang Islam dan Masa Kini oleh Muhammad Haddad.

Baca juga: Dubes Zuhairi tekankan penguatan diplomasi ekonomi Indonesia-Tunisia
Baca juga: KBRI Tunis gelar Forum Bisnis Indonesia tingkatkan kerja sama ekonomi
Baca juga: Dubes Misrawi ingatkan visi keulamaan pada kader NU Tunisia


Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024