Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi (Kemendiktisaintek) RI melakukan transformasi pendidikan tinggi guna memajukan ekosistem pendidikan tinggi di Indonesia.

"Secara umum, pemerintah melalui Kemendiktisaintek memang sedang melakukan transformasi pendidikan tinggi," kata Direktur Kelembagaan Kemendiktisaintek RI Khairul Munadi dalam seminar diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan beberapa instrumen yang sedang digodok di antaranya kebijakan di lingkungan pendidikan tinggi, salah satunya kebijakan terkait dengan profesi, karier, dan penghasilan dosen, yang termaktub dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) 44/2024 yang sempat menjadi perbincangan di kalangan akademisi.

"Walau perlu penguatan lebih lanjut, paling tidak beberapa yang disampaikan sudah di-consider (dipertimbangkan)," ujarnya.

Baca juga: BRIN minta Kemendiktisaintek kaji ulang aturan publikasi jurnal ilmiah

Ia berharap, langkah tersebut bisa menjadi awal yang baik bagi masyarakat Indonesia, terutama pihak-pihak yang terlibat dalam ekosistem pendidikan tinggi, untuk dapat membangun ekosistem pendidikan tinggi yang lebih baik di Indonesia.

Upaya tersebut selaras dengan arahan Presiden RI Prabowo Subianto terhadap Kemendiktisaintek untuk dapat membangun sumber daya manusia (SDM) yang terampil, guna mempercepat proses hilirisasi demi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Tentu saja kami dari Kemendiktisaintek, fokus kami adalah yang sudah disampaikan oleh Pak Prabowo, diarahkan untuk membangun sumber daya manusia dalam segala jenjang, dan termasuk pendidikan tinggi," kata Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi (Wamendiktisaintek) Stella Christie.

Untuk membangun ekosistem pendidikan tinggi yang baik, ia mengatakan, seluruh kalangan di Indonesia harus bersama-sama membantu, baik pemerintah, institusi, industri, maupun masyarakat secara umum.

"Hilirisasi tidak akan terjadi tanpa inovasi, riset, dan teknologi," kata dia.

Baca juga: Stella Christie diharapkan mampu optimalkan cara belajar mahasiswa RI
Baca juga: Akademisi: Transformasi pendidikan tinggi mampu ciptakan SDM unggul

 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024