Jakarta (ANTARA) - Apple baru saja merilis versi iOS 18.2 Beta perdana dan menampilkan lebih banyak fitur kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) generatif hingga integrasi ChatGPT di dalamnya.

Hal ini dilaporkan oleh 9 to 5 Mac, Rabu (23/10), dan disebutkan juga bahwa Apple Intelligence kini hadir di lebih banyak wilayah agar bisa dicoba oleh lebih banyak pengguna.

Beberapa fitur AI yang ditambahkan di antaranya alat untuk membuat emoji dengan Genmoji, lalu ada juga fitur membuat gambar dengan Image Playground, dan Visual Intelligence untuk mencari informasi dengan kamera di ponsel iPhone 16.

Baca juga: Apple diam-diam rilis iPad mini dengan chip A17 Pro

iOS 18.2 dirancang membawa gelombang kedua dari fitur-fitur Apple Intelligence kepada pengguna. Gelombang pertama, termasuk fitur seperti Siri yang sedikit lebih cerdas dan ringkasan notifikasi, akan diluncurkan minggu depan dengan rilis resmi iOS 18.1.

Apple memperkenalkan fitur-fitur Apple Intelligence yang direncanakan di WWDC 2024 pada Juni lalu, tetapi pada saat itu, Apple mengumumkan bahwa pemutakhiran akan hadir secara bertahap.

Salah satu fitur yang direncanakan paling mengesankan adalah Siri untuk memahami apa yang terjadi di layar iPhone Anda dan mengambil tindakan berdasarkan permintaan penggunanya, tetapi itu masih belum ada bahkan di iOS 18.2 beta perdana.

Di samping merilis iOS 18.2 Beta, Apple juga telah merilis aplikasi beta untuk pengembang macOS Sequoia 15.2 dengan alat-alat Apple Intelligence baru juga. Meski begitu, untuk Mac nampaknya Genmoji tidak hadir dalam versi beta ini.

Baca juga: Apple Intelligence mungkin hadir di iPhone 16 akhir Oktober 2024

Baca juga: Apple Intelligence makin dekat lewat iOS 18.1 Beta

 

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024