Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-17 Indonesia Nova Arianto mengatakan, dirinya akan merotasi skuadnya saat menghadapi Kepulauan Mariana Utara pada laga Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 di Kuwait, Jumat (25/10).

"Ada beberapa pemain yang akan kami simpan tenaganya," ujar Nova, dikutip dari keterangan PSSI di Jakarta, Kamis.

Juru taktik berusia 44 tahun itu menyebut, dirinya ingin menjaga kondisi pemain andalannya agar bugar saat bersua Australia pada laga terakhir mereka di Grup G, Minggu (27/10).

Timnas U-17 Indonesia, Nova melanjutkan, harus mengatur strategi agar dapat lolos ke Piala Asia U-17 2025 baik itu sebagai juara grup maupun melalui skema peringkat kedua terbaik.

Di kualifikasi, ada lima peringkat kedua terbaik dari total 10 grup yang berhak melangkah langsung ke Piala Asia U-17 2025 yang akan digelar di Arab Saudi.

Adapun poin yang dihitung untuk menjadi peringkat kedua terbaik adalah hasil dari pertandingan melawan peringkat pertama dan kedua di masing-masing grup.

Hal tersebut karena Lebanon, yang seharusnya berada di Grup H kualifikasi itu, mengundurkan diri sehingga Grup H hanya berisi tiga tim.

Baca juga: Timnas Indonesia U-17 raih tiga angka penting dari laga versus Kuwait Sementara di Grup G, yang beranggotakan Indonesia, Kuwait, Australia dan Kepulauan Mariana Utara, hampir dipastikan Kepulauan Mariana Utaralah yang akan menjadi juru kunci setelah takluk 19-0 dari Australia pada Rabu (23/10) waktu setempat.

Hal itulah yang membuat timnas U-17 Indonesia "menyimpan tenaga" supaya lebih siap untuk menghadapi Australia pada pertandingan pamungkas.

"Karena adanya regulasi baru setelah Lebanon mundur kami harus mencoba untuk memilih pertandingan antara Kepulauan Mariana Utara dan Australia," tutur Nova.

Di Grup G, Indonesia saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara setelah menundukkan tuan rumah Kuwait, Rabu (23/10), dengan skor 1-0 berkat gol Mathew Baker.

Klasemen Grup G dipimpin oleh Australia yang pada hari yang sama melumat Kepulauan Mariana Utara dengan skor 19-0. Kuwait bertengger di peringkat ketiga dengan poin nol setelah ditundukkan Indonesia.

Piala Asia U-17 2025 akan digelar di Arab Saudi pada 3-20 April 2025 dengan diikuti 16 tim peserta.

Baca juga: Nova: Timnas U-17 perlu tingkatkan kualitas meski kalahkan Kuwait

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024