Pilkada itu kan lima kali setahun. Jadi tolong digunakan hak pilihnya
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat mengajak pemilih pemula di wilayah t untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024. 

Untuk pemilih pemula, kata Ketua KPU Jakarta Barat (Jakbar) Endang Istianti saat dihubungi di Jakarta pada Rabu menggunakan hak pilih itu bentuk tanggung jawab terhadap masa depan negara ini.

"Makanya teman-teman pemilih pemula itu diajak untuk nanti tanggal 27 November. Ayo gunakan hak pilih di TPS," katanya.

Endang juga menyebutkan bahwa dari 1,9 juta pemilih Pilkada di Jakbar, hampir 40 persennya adalah pemilih pemula yang berasal dari generasi z dan generasi milenial.

"Apalagi kan pemilih pemula di Jakbar itu dari Gen Z dan generasi milenial. Itu jumlahnya hampir 40 persen dari keseluruhan jumlah pemilih," tutur Endang.​​​​​​

Baca juga: 24.164 KPPS di Jakbar siap dilantik 7 November mendatang
Baca juga: Bawaslu Jaksel siap kerahkan 3.270 pengawas TPS Pilkada DKI


Pada Selasa (22/10), pihaknya mengadakan acara menonton bersama (nonton bareng/nobar) film "Tepatilah Janji" di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Washilah Jakarta, Jalan Kampung Baru Nomor 20 RT/RW 04/10 Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat.

"Itu film dari KPU RI. Kita adakan di pesantren 
sekaligus untuk merayakan Hari Santri Nasional. Itu juga untuk mengajak para pemilih pemula untuk menggunakan hak pilih di Pilkada November besok," kata Endang.

Pada prinsipnya, golput (golongan putih) itu bukan pilihan. "Pilkada itu kan lima kali setahun. Jadi tolong digunakan hak pilihnya," katanya.

Terdapat 1.909.774 pemilih hasil pleno rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat kota.

Dari jumlah pemilih tersebut, terdapat 946.565 pemilih pria dan 963.209 pemilih wanita. Jumlah pemilih tersebut merupakan hasil akhir pleno setelah adanya 5.535 pemilih baru, 11.686 pemilih yang tidak memenuhi syarat dan 15.756 yang melakukan perbaikan data pemilih.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024