Surabaya (ANTARA) - Gol Mohammed Rashid menyelamatkan Persebaya Surabaya dari kekalahan saat bermain imbang 1-1 melawan PSM Makassar dalam laga pekan kesembilan Liga 1 Indonesia musim 2024/2025 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Rabu malam.

PSM Makassar unggul terlebih dulu melalui gol yang dicetak Yuran Fernandes pada menit ke-16, sedangkan gol balasan Persebaya dicetak pada menit ke-45+4.

Dengan hasil imbang tersebut, Persebaya kembali menjadi pemuncak klasemen sementara dengan meraih poin 18 dari sembilan pertandingan, sedangkan PSM Makassar tetap berada di peringkat keempat.

Pada laga tersebut, kedua tim langsung memberikan tontonan jual beli serangan sejak awal babak pertama dan membuahkan beberapa ancaman ke masing-masing gawang.

Pada menit ke-7, Persebaya memperoleh peluang melalui Catur Pamungkas setelah berhasil lolos dari penjagaan ketat pemain belakang PSM Makassar, namun sayang tendangannya masih melenceng tipis di sebelah kanan penjaga gawang Hilman Syah.

Peluang kedua Persebaya didapat oleh Malik Risaldi pada menit ke-10, namun sayang bola hasil tendangan dari luar kotak penalti klub yang berjuluk ditepis kiper Hilman Syah.

Terlalu keasyikan menyerang, justru petaka menghampiri Persebaya pada menit ke-16, setelah tendangan set piece yang diambil oleh Ananda berhasil dieksekusi oleh Yuran Fernandes melalui sundulan dan berhasil menjebol gawang yang dijaga Ernando Ari Sutaryadi. Skor sementara menjadi 0-1.

Tertinggal satu gol semakin membuat anak asuh Paul Munster tampil lebih menyerang dan membuat tim tamu yang berjuluk Juku Eja tersebut semakin merapatkan pertahanan dan mengandalkan serangan-serangan balik untuk menyerang Persebaya.

Persebaya akhirnya bisa menyamakan kedudukan lewat tendangan bola mati yang dilakukan oleh Mohammed Rashid pada menit ke-45+4 yang tidak bisa dibendung oleh penjaga gawang PSM Makassar Hilman Syah, skor sementara berubah menjadi 1-1 dan wasit akhirnya meniup peluit tanda turun minum.

Memasuki babak kedua, klub kebanggaan Arek-Arek Suroboyo itu kembali menekan pertahanan anak asuh Bernardo Tavares melalui umpan-umpan pendek maupun crosing-crosing dari pinggir lapangan. Namun hal itu, belum bisa membuat peluang bahkan gol di menit awal bagi Persebaya.

Peluang Persebaya pada babak kedua tercipta pada menit ke-55 melalui sundulan yang dibuat oleh Rizky Dwi, namun bolanya masih melambung tipis di atas mistar gawang PSM Makassar.

Baca juga: Madura United bukukan kemenangan perdana taklukkan PSIS Semarang 2-0

PSM Makassar yang terus dikurung Persebaya kembali dibuat kewalahan lewat Bruno, Rivera, dan Flavio Silva yang menggantikan Rizky Dwi. Bahkan Kasim Botan membuat peluang setelah mendapatkan umpan dari Bruno, sayang bola sontekannya membentur mistar gawang yang dijaga Himan Syah.

Persebaya kembali membuat peluang setelah Flavio Silva lolos dari jebakan offside para pemain PSM Makassar pada menit ke-78, hasil umpan Gilson Costa. Namun tendangannya justru melebar ke sebelah kiri gawang saat berhadapan dengan kiper Juku Eja kelahiran Jeneponto, Sulawesi Selatan itu.

PSM Makassar peluang pada menit ke-86 lewat Adilson hasil umpan silang dari kaki Dzaky, namun masih bisa diatasi oleh Ernando Ari.

Persebaya seharusnya berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-88 melalui kaki Flavio Silva, namun dianulir oleh wasit setelah mengecek melalui Video Asisstant Referee (VAR) karena dinyatakan offside.

Menjelang berakhirnya pertandingan babak kedua, PSM Makassar mencoba keluar dari tekanan. Begitu juga Persebaya yang ingin memenangkan pertandingan, namun hingga wasit asal Sumatera Barat Candra meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor masih 1-1.

Pada pertandingan selanjutnya, Persebaya akan bertandang ke markas PSIS Semarang pada 2 November. Sementara PSM Makassar akan menjamu Persik Kediri di Stadion Batakan pada 4 November.

Daftar susunan pemain kedua tim:
Persebaya Surabaya:
Ernando Ari Sutaryadi (PG), Arief Catur Pamungkas, Gilson Sequeira Da Costa, Francisco Israel Rivera Davalos, Rizky Dwi Pangestu, Bruno Moreira Soares (C), Slavko Damjanovic, Kadek Raditya Maheswara, Mikael Alfredo Tata, Mohammed B. A. Rashid, Malik Risaldi
Pelatih: Paul Munster

PSM Makassar:
Hilman Syah (PG), Aloisio Soares Neto, Yuran Fernandes Rocha Lopes (C), Victor Jonson Benjamin Dethan, Ananda Raehan Alief, Syahrul R Lasinari, Ricky Pratama, Latyr Fall, Tito Okello, Victor Luiz Prestes Filho, Akbar Tanjung
Pelatih: Bernardo Tavares

Baca juga: Stefano Cugurra ungkap alasan pasang Yabes Roni sebagai bek sayap
​​​​​​​
Baca juga: Persita membutuhkan kepercayaan diri untuk lebih produktif cetak gol

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024