Jakarta (ANTARA) - Aries Marsudiyanto, politikus Partai Gerindra ditunjuk Presiden Prabowo Subianto menjadi Kepala Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigasi Khusus.

Aries dilantik bersamaan dengan 26 pejabat lainnya yang menduduki posisi sebagai kepala badan dan lembaga, utusan khusus, staf khusus, hingga penasihat khusus presiden.

Pengangkatannya itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) 138P Tahun 2024 mengenai Pengangkatan Kepala Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigasi Khusus.

Aries menjelaskan bahwa badan baru yang dibentuk itu memiliki status yang setara dengan kementerian. Badan itu diberi kewenangan untuk melakukan investigasi jika diperlukan.

Dalam tugasnya tersebut Aries menjelaskan bahwa instansi terbaru yang didirikan oleh Presiden Prabowo ini memiliki tugas yang sangkat penting terkait mengawasi jalannya program pembangunan dan dana APBN untuk sampai ke masyarakat.

Pengawasan itu bertujuan untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran negara, sehingga pembangunan yang dilakukan dapat memberikan manfaat maksimal bagi kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya pengawasan yang ketat, diharapkan tidak ada penyimpangan dalam pelaksanaan program-program pembangunan tersebut.

Lalu siapakah Aries Marsudiyanto? Berikut ini profilnya.

Profil Aries Marsudiyanto

Aries merupakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) partai Gerindra, Jawa Barat. Lelaki yang dikenal sebagai aktor di belakang layar itu dikenal memiliki loyalitas yang tinggi dalam memperjuangkan Prabowo agar menjadi Presiden.

Prabowo dengan Aries sudah berkenalan lama dari sejak lulus Akmil tahun 1992 hingga masuk pada bidang yang sama yaitu Datasemen 81 Anti-Teror Kopassus. Namun dirinya tidak bertahan lama dan pensiun dini di tahun 2006 dengan pangkat terakhir sebagai Letnan Kolonel (Letkol).

Tak hanya itu, Aries juga memiliki jabatan di salah satu perusahaan yang dimiliki Prabowo dengan menjabat sebagai CEO. 

Pada Pemilu 2019, Aries sempat membentuk Gerakan Nasional Cinta Prabowo (GNGC) tetap mendukung Prabowo hingga saat ini. Saat pemilihan pemilu tahun 2009, 2014, 2019 dan 2024, Aries pun ikut andil dalam kampanye, khususnya di daerah Jawa Barat.

Baca juga: Profil Wakil Kepala BPJPH Afriansyah Noor

Baca juga: Profil Bambang Brodjonegoro, penasihat presiden yang banyak pengalaman sebagai menteri

Baca juga: Sosok Mari Elka Pangestu, eks menteri SBY jadi Utusan Khusus Presiden Prabowo

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024