Jakarta (ANTARA) - Zita Anjani resmi menjabat sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Pariwisata dalam Kabinet Merah Putih yang diusung pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Zita Anjani termasuk ke dalam tujuh Utusan Khusus Presiden yang dilantik Presiden Prabowo Prabowo, di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (22/10).

Utusan Khusus Presiden bertanggung jawab melaksanakan tugas tertentu yang diberikan oleh Presiden di luar tugas-tugas yang sudah dicakup dalam susunan organisasi kementerian dan instansi pemerintah lainnya.

Sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Pariwisata, Zita Anjani akan bertugas membantu Presiden dalam hal memperkuat di sektor pariwisata.

Zita Anjani merupakan seorang politisi yang terjun ke dunia politik dengan menjadi kader PAN.

Perempuan kelahiran Jakarta 12 Maret 1990 itu merupakan putri kedua Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. Zita Anjani saat ini menjabat sebagai salah satu Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Sebelum dilantik sebagai Utusan Khusus Presiden, Zita Anjani menjabat sebagai anggota DPRD DKI Jakarta dan berhasil terpilih dalam 2 periode, yakni 2019-2024 dan 2024-2029.

Dia menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Namun, Zita Anjani telah mengundurkan diri dari posisinya sebagai anggota DPRD usai dilantik sebagai Utusan Khusus Presiden.

Zita Anjani juga berkiprah dalam organisasi di dunia pendidikan, dia sebagai pendiri dan Ketua Yayasan Sekolah Kids Republic yang berlokasi di Jakarta Timur dan Bekasi, Ketua Yayasan Sekolah Menengah Atas Kebangsaan di Lampung, dan Dewan Pembina di Bunda Pintar Indonesia, sebuah organisasi non-profit yang menjadi wadah bagi guru-guru PAUD.

Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Dewan Pengurus Pusat Perempuan Amanat Nasional, Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional DKI Jakarta.

Dari segi pendidikan, Zita Anjani merupakan lulusan Sarjana di Universitas Pelita Harapan, kemudian melanjutkan studi ke University College London (UCL), Inggris dan meraih gelar Master of Science. Dia juga memiliki gelar Diploma dari Sunshine Teachers Training (Diploma Montessori Education).

Baca juga: Zita Anjani jadi Srikandi baru di bidang pariwisata

Baca juga: Ketum PAN singgung ikhtiar usulkan Zita-Kaesang pada Pilkada Jakarta

Baca juga: Klarifikasi Zita Anjani terkait ketidakhadiran saat rapat paripurna

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024