Tokyo (ANTARA) - Pelajar sekolah dasar Sekolah Indonesia Tokyo (SIT) dan SD Daiichi Hino Tokyo, Jepang, mengikuti program pertukaran budaya di SIT, Tokyo, Rabu (23/10)

Siswa-Siswi SD Daiichi Hino mengunjungi SIT dan mempelajari budaya Indonesia, salah satunya alat musik angklung.

Kepala SIT Ari Driyaningsih mengapresiasi kegiatan pertukaran budaya antara siswa dari SD Daiichi Hino dan SIT ini.

“Kegiatan pertukaran budaya seperti ini adalah bukan yang pertama dilakukan, tahun lalu kami yang pergi mengunjungi SD Daiichi Hino. Ini adalah sebagai upaya untuk memupuk persahabatan antar anak-anak bangsa, meningkatkan wawasan agar lebih luas lagi serta sebagai upaya mempererat perdamaian dan kesejahteraan masyarakat dunia,” ujar Ari Driyaningsih.

Turut hadir Atase Pendidikan Tokyo Amzul Rifin dan Sekretaris Pertama Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Tokyo Iqbal Mohammad Amrullah.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Daiichi Hino, Ozeki Hirohito,m menyambut baik pertukaran budaya dalam kegiatan ini sebagai pengenalan seni budaya Indonesia dari pelajar Jepang.

“Ini adalah acara yang saya tunggu-tunggu. Senang sekali melihat siswa-siswi sekolah kami belajar seni budaya Indonesia. Mari kita ciptakan semua kenangan yang menyenangkan ini bersama-sama,” kata Ozeki Hirohito.

Siswa-siswi SD Daiichi Hino dalam kegiatan ini berkesempatan belajar memainkan alat musik angklung yang dipandu oleh Ari Nursanti, salah seorang guru di SIT.

Selain itu, itu siswa siswi SIT ikut mendampingi siswa siswi SD Daiichi Hino untuk belajar memainkan angklung.

Selain belajar memainkan angklung, siswa siswi SD Daiichi Hino juga belajar pengenalan baju daerah Indonesia dan mewarnai motif Batik Mega Mendung.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan penyampaian kenang-kenangan dari siswa siswi SIT kepada siswa siswi SD Daiichi Hino.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024