Kita tahu bahwa pemahaman tentang zakat di Indonesia masih sangat minim. Oleh karena itu perlu literasi, sehingga kita semuanya, saudara-saudara semuanya dipersiapkan untuk menjadi ilmuwan di bidang zakat
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI berkolaborasi menekankan penguatan literasi zakat kepada mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta melalui kegiatan Kuliah Umum.

Ketua Baznas RI Noor Achmad melalui keterangan di Jakarta Rabu, menekankan peningkatan kapasitas literasi zakat masyarakat, salah satunya bisa diterapkan dengan mempersiapkan kader-kader terlatih. Hal tersebut dikemukakannya dalam Kuliah Umum di Kampus UIN Jakarta, Selasa (22/10).

"Kita tahu bahwa pemahaman tentang zakat di Indonesia masih sangat minim. Oleh karena itu perlu literasi, sehingga kita semuanya, saudara-saudara semuanya dipersiapkan untuk menjadi ilmuwan di bidang zakat, infak, sedekah, sekaligus menjadi duta-duta zakat di masa mendatang," kata Noor.

Noor mengatakan upaya tersebut dapat diperkuat dengan memperbanyak mahasiswa yang terkonsentrasi di bidang literasi zakat, sehingga menambah khazanah keilmuan tentang zakat.

"Paling tidak, kalau ini nanti lulus doktor, lulus magister, jurnal-jurnal yang terkait dengan zakat, infak, dan sedekah akan bertambah, baik yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa Arab atau bahasa Inggris. Paling tidak, tulisan ilmiah tentang zakat juga akan bertambah, baik itu berbentuk tesis atau disertasi," lanjutnya.

Dengan melimpahnya khazanah tentang literasi zakat, Noor menilai masyarakat Indonesia tidak akan kesulitan untuk mencari sumber rujukan bacaan yang memadai, sehingga diharapkan tingkat literasi zakat masyarakat semakin meningkat.

"Dengan demikian akan banyak orang yang bisa membaca dan menikmati karya-karya ini. Itu harapan kami," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Ahmad Tholabi berharap kegiatan akademik seperti Kuliah Umum ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan sektor zakat di Indonesia.

"UIN Syarif Hidayatullah berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pengembangan sektor zakat di Indonesia. Melalui kegiatan seperti ini, kita berharap dapat mencetak generasi amil zakat yang berkualitas dan mampu membawa perubahan positif bagi masyarakat," tutur Ahmad Tholabi.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024