Jakarta (ANTARA) - Program traktir makan siang yang dilakukan relawan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO) yang tergabung dalam "Teman Kita" sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Dengan melibatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kami tidak hanya membantu masyarakat mendapatkan makan siang gratis, tetapi juga menggerakkan roda perekonomian lokal," kata Juru Bicara Pasangan RIDO Billy Mambrasar dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dia meyakini program itu bisa terus berlanjut bila Ridwan-Suswono terpilih memimpin Jakarta untuk memastikan bahwa kebaikan dan kebahagiaan bisa terus dirasakan oleh seluruh warga Jakarta.

Melalui keterlibatan UMKM, kata dia, pasangan RIDO ingin memastikan bahwa dampak ekonomi dari kegiatan ini tidak hanya dirasakan oleh penerima bantuan, tetapi juga oleh para pelaku usaha setempat.

Baca juga: Kawasan Glodok bisa jadi daya tarik wisata domestik dan internasional

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, UMKM di Jakarta menyumbang sekitar 60 persen dari total tenaga kerja di provinsi ini.

"Karena itu, kami yakin bahwa menggerakkan sektor UMKM dalam program seperti ini dapat memberikan efek domino yang positif bagi perekonomian Jakarta, mulai dari membuka lapangan pekerjaan hingga meningkatkan pendapatan pelaku usaha kecil," kata Billy.

Selain itu, kata dia, kegiatan itu juga selaras dengan program makan siang bergizi yang diinisiasi oleh Presiden Prabowo Subianto.

Tim RIDO sangat mendukung program tersebut,l dan kegiatan makan siang gratis ini merupakan salah satu cara untuk menunjukkan bahwa kami siap meneruskan visi tersebut di Jakarta.

 Baca juga: Program hunian vertikal solusi kawasan padat penduduk

Pelaksanaannya yang tersebar di 250 titik di berbagai wilayah Jakarta menunjukkan bahwa perhatian kami merata ke seluruh lapisan masyarakat.

Analis komunikasi politik Khafidlul Ulum mengatakan bahwa yang dilakukan pasangan RIDO itu ingin mencontoh program Presiden Prabowo.

"Program itu sangat menarik bagi masyarakat kelas bawah yang memang masih kesulitan memenuhi kebutuhannya sehari-hari," katanya.

Namun dia berharap hal itu dibarengi peningkatan pelayanan dan kualitas pendidikan. Perbaikan pendidikan harus terus dilakukan agar melahirkan manusia-manusia andal, mandiri dan bermental kuat.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024