Jadi kami di sini kinerja Baleg harus melanjutkan agenda, di situ ada agenda prioritas
Jakarta (ANTARA) - Badan Legislasi (Baleg) DPR RI periode 2024-2029 menggelar rapat perdana untuk menetapkan jadwal kegiatan rapat selama Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025.

"Tadi itu sebenarnya adalah rapat pertama untuk memplenokan atau memastikan jadwal kegiatan di Baleg," kata Ketua Baleg DPR RI Bob Hasan ditemui usai rapat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu.

Dia menyebut jadwal rapat yang disahkan tersebut terdiri dari rencana Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) hingga pembentukan Panitia Kerja (Panja).

"Maupun juga termasuk dalamnya rencana kerja lain yang menjadi poksinya daripada Badan Legislasi di DPR RI," ucapnya.

Dia menjelaskan bahwa jadwal kegiatan Baleg DPR RI periode 2024-2029 memiliki kesinambungan dengan jadwal kegiatan dari Baleg DPR RI periode 2019-2024.

"Jadi kami di sini kinerja Baleg harus melanjutkan agenda, di situ ada agenda prioritas," ucapnya.

Baca juga: Paripurna setujui RUU PPRT masuk Prolegnas Prioritas 2024--2029

Baca juga: Waka Baleg DPR akan perjuangkan RUU PPRT disahkan di periode 2024-2029


Sementara itu, Wakil Ketua Baleg DPR RI Ahmad Iman Sukri mengatakan bahwa jadwal acara Baleg DPR RI yang ditetapkan dalam rapat perdana itu ialah sampai dengan kegiatan akhir tahun.

"Jadi belum masuk ke materi substansi-nya, baru menyepakati agenda rapat sampai 5 Desember," kata Iman di lokasi sama.

Dia menyebut dalam rapat tersebut terdapat usulan pula agar agenda kegiatan Baleg DPR RI dikosongkan saat kontestasi Pilkada 2024 digelar pada 27 November.

"Karena ada aspirasi juga kan tanggal 27 November itu pencoblosan. Jadi banyak anggota tadi mengusulkan agar minta waktu tiga hari dikosongkan agar fokus nyoblos mensukseskan Pilkada 2024," ucapnya.

Dia mengatakan bahwa rapat itu juga di helat untuk menyamakan persepsi para anggota Baleg DPR RI masa keanggotaan 2024-2029.

"Jadi kan hampir separuhnya baru kan di Baleg ini, supaya satu persepsi yang sama bahwa kerja-kerja Baleg ini harus kompak kami bahas dan menuntut keaktifan juga," tutur dia.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024