menerima pengumpul zakat, infaq dan sedekah dari UPZ SKPD Pemkot Banjarmasin sekitar Rp1 miliar
Banjarmasin (ANTARA) -
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggelar BAZNAS Award 2024 untuk penghargaan bagi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) instansi pemerintah dan Badan Usada Milik Daerah (BUMD).
 
"Ada lima UPZ yang menerima BAZNAS Award 2024 ini karena paling tinggi pengumpul zakat, infaq dan sedekah diserahkan ke BAZNAS Kota Banjarmasin tahun ini," ujar Kepala BAZNAS Kota Banjarmasin H Riduan Masykur di Banjarmasin, Rabu.
 
Diantara UPZ Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Banjarmasin dan BUMD yang menerima BAZNAS Award 2024, yakni Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin dan Perumda Air Minum Bandarmasin.
 
"Tahun ini BAZNAS Kota Banjarmasin menerima pengumpul zakat, infaq dan sedekah dari UPZ SKPD Pemkot Banjarmasin sekitar Rp1 miliar, ini sudah cukup besar," ujarnya.
 
Dia pun menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina yang berperan penting dalam meningkatkan pengumpulan zakat, infaq dan sedekah di lingkungan pemerintahannya.
 
"Tentunya ini karena instruksi beliau, sehingga kesadaran pegawai pemerintah dan BUMD untuk menyalurkan kewajibannya menyisihkan penghasilannya untuk zakat, infaq dan sedekah makin tinggi," ujar Riduan.
Dia pun menyampaikan, seluruh dana yang dikelola BAZNAS Kota Banjarmasin disalurkan langsung kepada yang berhak sesuai syariat Islam, diantaranya untuk perbaikan rumah warga yang tidak mampu, beasiswa anak yang tidak mampu hingga program bantuan kepada Lansia dan ibu hamil.
 
"Kami berusaha memegang amanah sebaik-baiknya dari para pemberi zakat, infaq dan sedekah,"jarnya.
 
Apalagi pada tahun ini, ungkap dia, pengumpul zakat, infaq dan sedekah dari berbagai lapisan masyarakat di Kota Banjarmasin sudah mencapai Rp2 miliar lebih.
 
"Secara dunia dan akhirat harus kami pertanggungjawabkan ini, hingga kami harus bisa mengelolanya dengan baik sesuai syariat Islam," ujarnya.
 
Sementara itu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemkot Banjarmasin Machli Riyadi menyampaikan, Pemkot Banjarmasin sangat komitmen untuk penyaluran zakat, infaq dan sedekah ke BAZNAS.
 
"Karena program BAZNAS juga sangat membantu pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan, rumah tidak layak huni dan lainnya, sangat bersinergi," ujarnya.

Baca juga: Baznas Kalsel dan Poliban kerja sama kelola potensi zakat
Baca juga: Pemkab Banjar- Baznas salurkan beasiswa bagi warga ke Timur Tengah
 
Dalam kegiatan penganugerahan BAZNAS Award 2024 itu juga digelar rapat koordinasi UPZ SKPD/BUMD.
 
Pada kegiatan itu diundang pencerahan KH Qomaruddin atau lebih dikenal Guru Busu yang menyampaikan pentingnya bagi umat Islam untuk menyalurkan zakat.
 
Karena menurut dia, pembersih hati dan jiwa bagi mukmin yang beriman adalah mengerjakan shalat dan menunaikan zakat bagi yang mampu.

Pewarta: Sukarli
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024