Peningkatan ini masih didominasi oleh sektor mineral dan batubara
Jakarta (ANTARA) - Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Sucofinfo Evi Afiatin mengatakan perusahaan mencatatkan total aset per September 2024 mencapai Rp4,9 triliun.

“Di tahun 2024 sampai dengan realisasi September 2024, total aset PT Sucofindo mencapai Rp4,9 triliun. Peningkatan ini masih didominasi oleh sektor mineral dan batubara,” kata Evi di Jakarta, Rabu.

Perusahaan milik negara tersebut menunjukkan pertumbuhan yang konsisten dalam pengelolaan aset perusahaan. Pada 2023, perusahaan meningkatkan total asetnya menjadi Rp4,6 triliun dari jasa inspeksi, supervisi, dan pengujian produk batubara, analisis dan monitoring kualitas air limbah, termasuk air laut, dan verifikasi peralatan industri migas.

Evi menuturkan pendapatan pada 2023 mencapai Rp3,04 triliun dan laba bersih sebesar Rp401 miliar, meningkat dibandingkan dengan pendapatan pada 2022 sebesar Rp2,9 triliun dan laba bersih senilai Rp351 miliar.

“Pada pencapaian ini tak lepas dari strategi jangka panjang perusahaan yang berfokus pada inovasi layanan mendukung tata kelola pertambangan yang bertanggung jawab, digitalisasi, serta penguatan portofolio jasa green di sektor-sektor kunci seperti energi terbarukan dan infrastruktur,” ujarnya.

Dimulai dari tahun 2019, PT Sucofindo mencatat total aset sebesar Rp3,6 triliun yang merupakan hasil dari ekspansi bisnis layanan jasa inspeksi, pengujian, dan sertifikasi di berbagai sektor industri.

Pada 2022, aset perusahaan meningkat menjadi sebesar Rp4,2 triliun. Hal tersebut didorong oleh diversifikasi layanan di berbagai sektor, seperti mineral dan batu bara, minyak dan gas, hingga pembangkit listrik.

“Kami percaya bahwa dengan tetap fokus pada inovasi dan kualitas layanan, PT Sucofindo akan terus mencatatkan pertumbuhan yang signifikan di tahun-tahun mendatang, sekaligus mendukung transformasi ekonomi melalui hilirisasi industri dan peningkatan daya saing produk nasional,” tuturnya.

Baca juga: PT Sucofindo dukung penguatan hilirisasi industri
Baca juga: Sucofindo berkolaborasi dengan mahasiswa buat inovasi teknologi


Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024