Hamilton, Kanada (ANTARA) - Jumlah warga yang mengungsi di dalam negeri (IDP) di Haiti melonjak sebesar 22 persen dalam tiga bulan terakhir, demikian menurut pejabat PBB yang memperingatkan situasi semakin memburuk di negara Karibia tersebut.

"Terdapat lebih dari 700.000 pengungsi internal, yang mewakili peningkatan 22 persen dalam tiga bulan terakhir," kata Maria Isabel Salvador, Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk Haiti, kepada Dewan Keamanan.

Salvador mencatat bahwa tantangan signifikan dalam proses politik membuat harapan berubah menjadi kekhawatiran yang mendalam. "Situasi keamanan tetap sangat rapuh, dengan lonjakan kekerasan akut yang semakin meningkat."

Dia juga menyoroti situasi kemanusiaan yang mengerikan di Haiti.

"Geng-geng juga menyerang di laut. Perahu-perahu kecil yang mengangkut warga sipil dari ibu kota ke daerah lain di Haiti telah diserang," katanya.

"Personel dari perusahaan kargo internasional telah diculik, menyebabkan perusahaan-perusahaan tersebut menangguhkan layanan ke Haiti."

Direktur Eksekutif Dana Anak-anak PBB (UNICEF), Catherine Russell, menggambarkan situasi tersebut sebagai "malapetaka", dengan peningkatan yang mengejutkan dalam insiden kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak-anak, termasuk kekerasan berbasis gender.

"Kami memperkirakan bahwa anak-anak menyumbang 30 hingga 50 persen dari anggota kelompok bersenjata," katanya, dan anak-anak "digunakan sebagai informan, juru masak, dan budak seks."

Russell mendesak anggota Dewan untuk menggunakan pengaruh mereka terhadap aktor negara dan kelompok bersenjata untuk melindungi hak asasi manusia, serta meningkatkan pendanaan kemanusiaan yang fleksibel.

Haiti telah dilanda gelombang kekerasan geng dalam beberapa tahun terakhir, diperparah oleh pembunuhan Presiden Jovenel Moise pada tahun 2021.

Geng-geng kekerasan menguasai hingga 80 persen wilayah Port-au-Prince, dan meneror penduduk melalui pembunuhan, penculikan, dan pemerkosaan — tampaknya tidak ada akhir yang terlihat.

Polisi nasional Haiti hanya memiliki sekitar 9.000 personel untuk mengamankan lebih dari 11 juta orang, menurut PBB.

Sumber: Anadolu
Baca juga: DK PBB adopsi resolusi pemberlakuan embargo senjata terhadap Haiti
Baca juga: Geng Haiti serang kota pesisir Arcahaie, setidaknya satu orang tewas
Baca juga: Sedikitnya 70 tewas dalam serangan geng bersenjata di Haiti


Penerjemah: Primayanti
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024