Gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan di HSU saat ini sudah tercapai 70,32 persen
Amuntai, Kalsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan membagikan sebanyak 300 unit WC sehat untuk masyarakat di 26 desa di 6 kecamatan, guna mensukseskan Gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS).

Pj Bupati Hulu Sungai Utara Zakly Asswan mengatakan Gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan di HSU saat ini sudah tercapai 70,32 persen, sehingga yang belum SBS sekitar 29,68 persen atau masih ada pada 65 desa.

“Untuk menyelesaikan permasalahan ini perlu adanya kolaborasi, saran dan masukan dari Dinas Kesehatan Provinsi ataupun Dirjen Bina Bangsa Kemendagri, Dirjen P2P Kemenkes, Direktur Perkim Bappenas dan Direktur Sanitasi Kementerian PUPR yang hadir langsung pada saat ini,” kata Pj Bupati, di Banjarmasin, Rabu.

Pemkab HSU akan terus bergerak menuntaskan masalah ini, melalui beberapa inovasi melalui program BERSALAMAN (BERsama wujudkan SAnitasi LAyak dan aMAN) serta CEMILPAH (CErdas meMILah samPAH).

Baca juga: 822 KK di Jakarta Utara masih BAB sembarangan

Selain itu komunikasi, informasi, edukasi kesehatan kepada masyarakat juga terus dilakukan kolaborasi bersama Pokja PKP dalam pencapaian peningkatan akses sanitasi kabupaten.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penandatanganan komitmen bersama Pemerintah Provinsi Kalsel dan pemerintah kabupaten/kota se-Kalsel menuju Stop Buang Air Besar Sembarang (SBS) tahun 2024.

Pj Bupati mengakui mengubah perilaku masyarakat bukan hal yang mudah, terutama di daerah bantaran sungai, di mana kebiasaan buang air besar sembarangan sudah lama mengakar.

Dia menambahkan bahwa kebiasaan tersebut tidak hanya terkait perilaku individu, tetapi juga masalah ketersediaan infrastruktur sanitasi yang layak.

”Akses air bersih dan sanitasi yang layak adalah kunci utama meningkatkan kesehatan masyarakat. Kesadaran akan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) ini tentunya berkaitan erat pada tujuan kita bersama dalam menuju Indonesia Emas 2045, untuk mencapai tujuan itu, masyarakat diharapkan tidak lagi BAB sembarangan,” tambahnya.

Sementara itu, dalam program pembagian WC Sehat hasil kerja sama Pemkab HSU dengan Kodim 1001/HSU-BLG dalam kegiatan Karya Bhakti TNI Pembangunan WC Sehat Tahun Anggaran 2024 Kodim 1001 HSU.

Baca juga: 10 kelurahan di Banjarmasin deklarasi stop buang air besar sembarangan
Baca juga: Kepala BKKBN: Lingkungan berpengaruh besar turunkan angka stunting



 

Pewarta: Imam Hanafi/Alya
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024