Tangerang (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang menerapkan sistem inlislite dalam menyukseskan program digital Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dengan membuka pendaftaran anggota baru secara online.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang Rana Rachdiana, di Tangerang, Rabu, mengatakan sistem inlislite adalah sistem nasional dari Perpusnas mencakup pendaftaran anggota, pengolahan bahan pustaka, serta layanan perpustakaan digital.

"Sistem tersebut kini sedang dikembangkan oleh Pemkot Tangerang. Oleh karena itu, kita buka pendaftaran anggota secara online," kata Rana Rachdiana.

Baca juga: DPAD Tangerang gelar festival literasi hadirkan 2.000 judul buku

Ia mengatakan DPAD kini membuka pendaftaran anggota baru secara online serta layanan untuk aplikasi e-book tanpa dipungut biaya.

"Adapun caranya adalah dengan menghubungi nomor 0812-8793-6491 dan menyiapkan data diri berupa foto kartu identitas berupa KTP-el atau kartu pelajar," ujarnya.

Setelah mengirimkan data diri, selanjutnya data akan diproses dan akan dihubungi oleh admin untuk datang ke Perpustakaan Kota Tangerang mencetak kartu anggota. Tentu, dengan hal ini sangat menghemat waktu tanpa antre.

Baca juga: Pemkot Tangerang buka kelas penulis skenario film gratis

“Selain itu, kami juga menghadirkan aplikasi e-book milik Perpustakaan Kota Tangerang yang bernama aplikasi ITangerangKota, yang sudah dapat diunduh melalui Playstore,” ujar Rana.

Di dalam aplikasi e-book terdapat 2.000 buku lebih dengan aneka ragam jenis buku, mulai dari buka referensi, buku anak, buku sejarah dan lain sebagainya.

Ia menambahkan, dengan hadirnya buku digital diharapkan minat baca warga Kota Tangerang bisa terus meningkat. Berdasarkan survei yang dilakukan bersama akademisi, terdapat kenaikan yang signifikan warga Kota Tangerang dalam membaca buku.

Baca juga: Tingkatkan kualitas layanan perpustakaan, Bekasi pakai "Inslite"

“Indeks Pembangun Literasi Masyarakat (IPLM) menunjukkan angka 78,14, sedangkan untuk Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) menunjukkan angka 62,3. Kedua angka tersebut menunjukkan peningkatan dalam penyebaran literasi oleh Perpustakaan Kota Tangerang,” kata dia.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024