Ini merupakan keikutsertaan kami pertama di KKI, dengan persiapan yang sudah kami lakukan mulai dari awal tahun, semoga bisa memberikan hasil yang terbaik
Banda Aceh (ANTARA) - Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Syiah Kuala (USK) yang tergabung dalam Tim Kroeng ambil bagian dalam Kontes Kapal Indonesia (KKI) 2024 yang berlangsung di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada 23-28 Oktober 2024.

“KKI merupakan salah satu kompetisi kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,” kata Ketua Tim USK Muhammad Firdaus di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan Tim Kroeng yang ikut berkompetisi dalam kegiatan tersebut terdiri dari Muhammad Firdaus (Ketua Tim) dengan anggota Muhammad Saleh Saragih, Muhammad Rifki Islami, Aliyatul Muthmainnah, Yella Sahya, dan Aulia Rahmansebagai dosen pembimbing.

Baca juga: Inovasi biscatur mahasiswa USK Aceh raih medali emas di WIIPA Kroasia

Ia menjelaskan pada KKI 2024 mempertandingkan dua cabang lomba yaitu lomba desain kapal dan lomba pembuatan prototipe dan performa, dimana masing-masing cabang lomba dibagi dalam beberapa kategori yakni dari Inovasi Desain dan Konstruksi (IDK), Inovasi Sistem Permesinan dan kelistrikan (ISPK), dan Inovasi Perlengkapan Khusus (IPK).

Kemudian pembuatan dan Performa Prototype Autonomous Surface Vessel (ASV), Lomba Pembuatan dan Performa Prototype Kapal Electric Remote Control (ERC), serta Lomba Pembuatan dan Performa Prototype Fuel Engine Remote Control (FERC).

Untuk tahun 2024, kata dia, Tim Kroeng USK membawa satu kapal yang diberi nama Delphinus. Tim ikut berkompetisi di kategori kapal listrik dengan sistem kendali jauh (Electric Remote Control/ERC).

Baca juga: Mahasiswa USK Aceh ubah limbah kulit ikan tuna jadi losion anti nyamuk

“Ini merupakan keikutsertaan kami pertama di KKI, dengan persiapan yang sudah kami lakukan mulai dari awal tahun, semoga bisa memberikan hasil yang terbaik,” kata Firdaus

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK Prof Mustanir menyampaikan terima kasih atas kegigihan Tim Kroeng yang fokus menghasilkan inovasi.

Menurutnya, inovasi yang dihasilkan tersebut menjadi batu loncatan ke depannya dan lewat kompetisi tersebut nantinya tim USK akan mendapat relasi baru dan pengalaman pada bidang perkapalan.

Baca juga: Tim AMV UI raih juara kontes kapal cepat tak berawak
Baca juga: UI gelar kontes kapal cepat tidak berawak


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024