Cerita Panji adalah cerita cinta antara putra mahkota Kerajaan Jenggala Raden Inu Kertapati (Panji) dengan Dewi Sekartaji (Galuh Candrakirana)
Jakarta (ANTARA) - Filolog Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Adi Wisnurutomo mengungkap kisah Reog Ponorogo diangkat dari salah satu cerita Panji pada pembukaan Pameran Cerita Panji: Prahara, Kembara, Asmara di Perpusnas, Selasa.

"Wayang Beber, Reog Ponorogo sendiri adalah cerita Panji, karena hal itu diduga ada sebuah foto lama di Reog Ponorogo itu ada dua orang Punakawan (tokoh dalam pewayangan, artinya sahabat yang cerdik), yaitu Pentul dan Tembem," ujar Adi.

Ia menjelaskan Cerita Panji adalah cerita cinta antara putra mahkota Kerajaan Jenggala Raden Inu Kertapati (Panji) dengan Dewi Sekartaji (Galuh Candrakirana) dengan subtema kesetiaan, kepahlawanan serta kehidupan sosial politik yang berasal dari Jawa periode klasik pada era Kerajaan Kediri (1042-1222).

"Cerita Panji latarnya dari Kerajaan Kediri, kemudian mulai populer pada masa Kerajaan Majapahit, terbukti banyak terdapat relief-relief termasuk di Candi Penataran, dan lain sebagainya," katanya.

Ia juga menjelaskan kisah Panji cukup populer di banyak negara, di antaranya Malaysia, Thailand, Myanmar, Filipina.

Baca juga: Sandi: Festival Reog Ponorogo perayaan warisan yang kaya perjuangan

"Bentuk-bentuk Panji itu juga ada dalam relief-relief. Tokoh Panji ada yang terdapat di Penanggungan juga," ucapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas Mariana Ginting mengatakan Indonesia patut berbangga karena penganugerahan Cerita Panji sebagai Ingatan Kolektif Dunia (Memory of The World) pada tahun 2017.

"Cerita Panji terus hidup dan bertransformasi dari zaman ke zaman mulai dari relief, wayang, tarian hingga naskah-naskah kuno. Sudah semestinya berbagai produk seni itu dikenal kembali oleh masyarakat Indonesia. Terlebih generasi saat ini dan mendatang yang eksistensinya mulai pudar dihantam gempuran modernisasi," tuturnya.

Mariana menyebutkan hingga saat ini terdapat 11.308 koleksi cerita-cerita Panji dalam Online Public Access Catalog (OPAC) Perpusnas, yang terus diarusutamakan oleh Perpusnas.

Kisah Panji menjelma dalam berbagai rupa kesenian, seperti dalam relief, pertunjukan tari, wayang, dongeng, hingga karya sastra.

Pameran Cerita Panji: Prahara, Kembara, Asmara berlangsung selama 22-24 Oktober di Perpusnas, selain itu, Perpusnas juga berkolaborasi bersama Kementerian Kebudayaan menyelenggarakan Pameran Panji pada tanggal yang sama di Gedung Kesenian Jakarta.

Baca juga: Bupati Ponorogo berharap Grebeg Suro angkat martabat budaya Ponorogo
Baca juga: UNESCO terima dossier Reog Ponorogo sebagai warisan budaya tak benda

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024