Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 65 personel Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan memadamkan kebakaran di Jalan Persatuan RT06/RW09, Cilandak Barat, Cilandak, Selasa malam. 
 
"Unit yang dikerahkan sebanyak 22 unit atau 65 personel," kata Perwira piket Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan Ngatiyo dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.
 
Awal kebakaran dimulai saat warga melihat api di rumah Ketua RW, yang kemudian langsung dilaporkan ke Ketua RT. Namun, api semakin membesar sehingga warga langsung menelepon Gulkarmat Jakarta Selatan.
 
Ngatiyo mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran rumah itu pukul 20.05 WIB dan tiba di lokasi pukul 20.15 WIB.

Baca juga: Sebanyak 75 personel dikerahkan untuk padamkan kebakaran di RSPP
 
Kemudian, pukul 21.00 WIB operasi pemadaman masuk ke tahap pendinginan untuk mengurai material yang mudah terbakar agar tidak menyisakan api maupun asap.
 
Selanjutnya, pada pukul 21.32 WIB, operasi pemadaman dinyatakan selesai. Jumlah warga terdampak yakni tiga keluarga (KK) dengan total 16 orang.
 
"Luas area yang terbakar mencapai 234 meter persegi (m2) dan kerugian sebesar Rp599 juta," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua RT06/RW09 Didin Ahmadi mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.
 
"Korban jiwa alhamdulillah enggak ada, karena waktu dari awal pun saya sudah melakukan evakuasi bahwa warga harus keluar semua," ujarnya.
 
Selain meminta warga evakuasi, Didin juga meminta warga untuk mengamankan motor yang parkir dekat lokasi kebakaran. Adapun kebakaran diduga terjadi akibat korsleting listrik.

Baca juga: Kebakaran di Epicentrum diduga akibat kipas blower

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024