Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Gorontalo mengajak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu untuk memanfaatkan teknologi digital agar dapat mengakselerasi usaha dan memperluas pasar dengan lebih optimal.

"Pelatihan ini penting agar UMKM dapat memanfaatkan peluang yang diberikan oleh teknologi digital secara optimal," kata Pj Gubernur Provinsi Gorontalo Rudy Salahuddin,  pada Workshop Digital Marketing bagi UMKM di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Selasa.

Kemudahan lainnya, kata Rudy adalah kemampuan untuk melakukan interaksi dengan calon pembeli seperti fitur belanja langsung yang sudah dikembangkan oleh sejumlah platform traksaksi elektronik (E-Commerce) maupun media sosial.

"Saya juga ingin mengingatkan, boleh saja kita sudah punya produk tapi belum punya merek, tetapi kesempatan untuk mempromosikan produk yang dimiliki sama saja dengan yang sudah punya merek," katanya.

Baca juga: Optimalisasi pemasaran digital bagi UMKM

Kuncinya adalah, katany, harus bisa memanfaatkan teknologi, khususnya pemasaran digital.

"Ikuti workshop ini dengan baik, manfaatkan kesempatan ini untuk menambah pengetahuan terkait pemanfaatan teknologinya," kata dia.

Rudy menyebutkan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo pada triwulan II 2024 tumbuh sebesar 3,82 persen (yoy), dengan struktur ekonomi yang ditopang oleh UMKM sebesar 105 ribu unit usaha.

Jumlah itu meningkat 28 persen dari 2023 sebesar 82 ribu unit usaha.

Baca juga: Direktur STAN: UMKM perlu optimalkan peluang dalam pemasaran digital

Ia juga mengapresiasi kegiatan itu karena hasil kolaborasi antara TP-PKK Provinsi dengan Diskumperindag, Kemenko Perekonomian, Lazada, serta BNI. 

Kolaborasi tersebut, tambahnya, menjadi wujud nyata sinergi berbagai pihak dalam mengembangkan UMKM di provinsi itu. 
 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024