Saya memang menitip pesan kepada para staf di Kementerian Transmigrasi, jangan pernah mengeluh dengan anggaran yang ada
Jakarta (ANTARA) - Menteri Transmigrasi (Mentrans) dalam Kabinet Merah Putih Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara memberikan afirmasi kepada seluruh pegawai yang ada di Kementerian Transmigrasi mengenai anggaran yang hanya sebesar Rp92 miliar pada tahun 2025.

“Saya memang menitip pesan kepada para staf di Kementerian Transmigrasi, jangan pernah mengeluh dengan anggaran yang ada,” kata Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara di Kantor Kementerian Transmigrasi, Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa anggaran yang diterima Kementrans pada pagu 2025, berbeda jauh dengan anggaran yang diterima pada 2024. Pada tahun ini, anggaran yang digelontorkan untuk kementerian tersebut senilai Rp192 miliar.

Tidak hanya itu saja, kementerian yang juga pernah berdiri sendiri pada masa Orde Baru itu, diberikan anggaran sebesar Rp 5,4 triliun atau jika disetarakan pada kurs saat ini sebesar Rp37,5 triliun.

“Nah dengan kurs sekarang, rupiahnya itu sekitar anggaran untuk Kementerian Transmigrasi sendiri di tahun 2024 sekitar Rp192 miliar. Dan rencananya pagu 2025, itu hanya sekitar Rp92 miliar,” tutur dia.

Baca juga: Kementrans Minta Pengiriman TKI Diperketat
Baca juga: BPVP Banda Aceh latih 352 peserta jadi wirausaha muda


Dengan anggaran tersebut, dirinya menyebutkan hanya bisa memberikan kepercayaan kepada puluhan kepala keluarga. Hal tersebut berbeda dengan Kementerian Transmigrasi pada tahun 1995, yang dapat memberangkatkan transmigran hingga ribuan kepala keluarga.

“Jadi secara kapasitas, dengan anggaran sedemikian, itu hanya mampu paling-paling beberapa puluh kepala keluarga saja,” ujar dia.

Meski anggaran yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya itu, membuat dirinya merasa terpicu untuk memberikan kinerja terbaik karena sudah mendapat kepercayaan dari Presiden Prabowo selama lima tahun mendatang.

Dirinya merasa dapat mengemban amanah tersebut dengan baik, meski dijatahkan dengan anggaran yang tidak terlalu banyak untuk tahun depan. Bahkan dirinya menyebut bahwa dengan anggaran itu, pihaknya berusaha untuk bisa meningkatkan valuasi dengan melakukan berbagai kolaborasi antarsektor dan kementerian.

“Jadi kita buktikan, kita nyatakan dulu bahwa dengan anggaran yang sekecil apapun kita bisa tingkatkan valuasinya lebih besar, melalui sinergi dan kolaborasi,” tutup dia.

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024