Banda Aceh (ANTARA) - Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi  (UNHCR) meminta kepada pihak berwenang di Aceh untuk menyelamatkan para pengungsi Rohingya yang saat ini masih terombang-ambing di perairan Kabupaten Aceh Selatan.

"Kita meminta pihak berwenang untuk memastikan penyelamatan di laut dan pendaratan yang aman bagi kelompok yang putus asa ini (Rohingya)," kata Protection Associate UNHCR Indonesia, Faisal Rahman, di Banda Aceh, Selasa.

Sebelumnya, kapal motor pengangkut imigran etnis Rohingya terombang-ambing di perairan Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan, sejak Jumat (19/10).

Kapal tersebut tidak bisa mendarat karena masyarakat setempat masih terus menolak kedatangan para pengungsi tersebut.

Adapun jumlah imigran Rohingya di atas kapal motor tersebut sebanyak 151 orang. Terdiri 79 wanita dewasa, 13 laki-laki dewasa serta anak-anak berusia di bawah 10 tahun sebanyak 59 orang. Beberapa diantara mereka sudah evakuasi ke daratan karena sakit.

Terkait kedatangan Rohingya tersebut, kata Faisal, UNHCR terus berdiskusi dan berkoordinasi dengan pihak berwenang terkait situasi kapal di Aceh Selatan itu.

"Prioritas kami tetap pada keselamatan dan kesehatan penumpang, yang sebagian besar adalah perempuan dan anak kecil yang rentan," ujarnya.

Karena itu, lanjut Faisal, UNHCR berharap pihak berwenang dapat memastikan penyelamatan di laut dan pendaratan yang aman bagi mereka.

UNHCR dan mitranya bakal memberikan dukungan dan serta bantuan yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang rentan tersebut.

Dalam kesempatan ini, dirinya juga mengucapkan terima kasih atas evakuasi para pengungsi Rohingya yang mengalami masalah kesehatan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

"Untuk pengungsi yang sudah dievakuasi dari kapal guna mendapatkan perawatan medis di rumah sakit setempat. Kami berterima kasih kepada pemerintah yang mengizinkan tindakan ini," demikian Faisal Rahman.

Baca juga: Tim gabungan evakuasi imigran Rohingya di Aceh Selatan karena sakit
Baca juga: Tim SAR evakuasi mayat perempuan diduga imigran Rohingya
Baca juga: Aceh Selatan salurkan bantuan kemanusiaan kepada imigran Rohingya

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024