Melalui riset dan pemantauan yang intensif, kami dapat memahami bagaimana penyakit berevolusi dan melakukan pengelolaan yang berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Riset Mikrobiologi Terapan (PRMT) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Ahmad Fathoni menyatakan pendekatan molekuler memungkinkan deteksi patogen lebih dini untuk mencegah risiko kemunculan penyakit pada tanaman.

Ia menyoroti perubahan iklim memberikan dampak signifikan terhadap sektor pertanian, terutama yang berkaitan dengan produktivitas. Oleh karena itu upaya pengembangan informasi genetik terus dilakukan guna mengurangi risiko penyakit pada tanaman.

“Melalui riset dan pemantauan yang intensif, kami dapat memahami bagaimana penyakit berevolusi dan melakukan pengelolaan yang berkelanjutan,” kata Fathoni dalam keterangannya di Jakarta pada Selasa.

Baca juga: Daftar penyakit dan hama tanaman padi saat musim hujan

Sementara itu peneliti dari Malaysia Wong Mui Yun yang menjadi visiting researcher di PRMT BRIN memaparkan pendekatan molekuler dapat membantu dalam mengembangkan pengelolaan penyakit tanaman yang berkelanjutan.

Wong menekankan pendekatan manajemen tanaman berkelanjutan menjadi hal penting dalam memastikan produksi pangan lebih aman, berkualitas, dan berkelanjutan. Ia menjelaskan pengelolaan penyakit tanaman berkelanjutan juga memberikan manfaat terhadap perlindungan lingkungan.

“Adanya upaya dalam mengurangi penggunaan bahan kimia secara berlebihan, memungkinkan kesehatan tanaman secara jangka panjang, sehingga tanaman menjadi lebih kuat, secara ekonomi efisien karena mengurangi biaya penggunaan pestisida dan ketahanan terhadap perubahan iklim,” tuturnya.

Baca juga: Patogen tular tanah timbulkan masalah serius bagi tanaman jagung

Yun memproyeksikan peluang riset pada masa depan melalui penerapan bioteknologi dalam upaya perlindungan tanaman.

Beberapa pendekatan bioteknologi terkini, seperti penggunaan RNAi (RNA interference) non-transgenik dan genome editing dengan CRISPR (Clustered Regularly Interspaced Short Palindromic Repeats) dapat menjadi salah satu metode potensial untuk memproduksi tanaman resisten penyakit di masa depan.

Metode ini berpotensi menjadi alternatif dalam menghasilkan tanaman resisten penyakit yang sebelumnya dilakukan dengan teknologi transgenik berbasis penggunaan agrobacterium.

Baca juga: China kembangkan pemantauan cerdas untuk hama dan penyakit tanaman

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024