Jakarta (ANTARA) - Striker Persis Solo Ramadhan Sananta mengakui pelatih khusus striker timnas Indonesia, Yeom Ki-hun berperan penting dalam ketajaman gol striker timnas akhir-akhir ini.

Setelah menjalani latihan bersama Yeom pada awal September lalu, striker-striker timnas yang bermain di Liga 1 Indonesia, mulai Sananta, Dimas Drajad (Persib Bandung), dan Hokky Caraka (PSS Sleman) langsung mencetak gol untuk timnya masing-masing.

Sananta dan Dimas telah mengoleksi satu gol sejak mendapatkan ilmu dari Yeom di timnas, sedangkan untuk Hokky tampil lebih subur bersama PSS dengan total tiga gol.

Selain ketiga pemain di atas, Rafael Struick juga unjuk gigi dengan hadirnya Yeom setelah dirinya membuat gol pertamanya untuk timnas senior saat melawan Bahrain.

"Beliau menyampaikan apa yang kekurangan yang kita alami sebagai striker lokal di Indonesia. Mungkin secara finishing, terus pergerakan yang bagus gimana secara striker," kata Sananta ketika ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Erick Thohir jelaskan alasan timnas Indonesia rekrut pelatih striker

Sananta memaparkan pola latihan yang diberikan Yeom adalah latihan yang benar-benar khusus diberikan kepada striker, seperti pergerakan tanpa bola, penyelesaikan akhir, hingga bagaimana kuat melindungi bola.

Dengan pengalamannya Yeom yang mencetak 103 gol dan 131 assist selama kariernya, Sananta menilai pola latihan yang diberikan pelatih asal Korea Selatan itu sangat bagus.

"Dan dia mengasih latihan kita yang benar-benar tipe striker. Pergerakan, finishing, holding the ball. Beliau sangat bagus. Dan kita semua menyikapinya dengan positif," jelas striker 21 tahun itu.

Di luar lapangan, Sananta juga memaparkan bahwa Yeom kerap berbagi pengalaman dengan para striker timnas.

"Kita saling berkomunikasi kadang cerita kekurangan ini, terus dia menyampaikan apa yang kekurangan kita. Terus kita terapkan menjadi bagus bagi kita striker lokal bisa dapat ilmu yang beliau sampaikan," tutup dia.

Kedatangan Yeom membuat timnas menambah struktur pelatih yang banyak dihiasi wajah Korea Selatan setelah sebelumnya ada nama-nama seperti Shin Tae-yong (pelatih kepala), Choi In-cheol (asisten pelatih), Cho Byung-kuk (asisten pelatih, Kim Bong-soo (pelatih kiper), Yoo Jae-hoon (pelatih kiper), hingga Shin Sang-gyu (pelatih fisik).

Baca juga: Nova yakin pelatih striker dari Korsel sangat bagus untuk timnas

Baca juga: Yeom Ki-hun sebut latihan striker Timnas Indonesia fokus pada akurasi

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024