Kalau yang masih di bawah 8 persen juga akan kita beri perhatian, yang sudah 8 persen nanti kita akan memberikan penguatan-penguatan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melakukan pemetaan produk yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 8 persen sesuai dengan keinginan dari Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Selasa mengatakan dirinya segera menugaskan pembina sektoral di lingkungan Kemenperin untuk melakukan identifikasi produk yang memiliki kompetitif advantage, dan komparatif advantage tertinggi yang bisa membantu pemajuan ekonomi nasional.

"Nanti kita seleksi kita cuma punya dua kaki, dua tangan, 24 jam, tujuh hari seminggu. Jadi focusing, prioritizing itu menjadi sangat penting," katanya.

Dirinya mengatakan masing-masing sektor industri dalam negeri harus bisa memetakan produk-produk yang memiliki potensi tumbuh di atas 8 persen, sehingga pihaknya bisa memberikan stimulan untuk penguatan sektor tersebut.

"Kalau yang masih di bawah 8 persen juga akan kita beri perhatian, yang sudah 8 persen nanti kita akan memberikan penguatan-penguatan," katanya.

Selain itu, ia mengatakan pihaknya juga akan melakukan pemetaan terhadap sektor yang memiliki ongkos produksi cukup tinggi, hal ini agar Kemenperin bisa membuat mitigasi untuk mendorong pelaku industri melakukan proses produksi yang lebih efisien.

Lebih lanjut, Menperin menyampaikan, melalui identifikasi produk yang memiliki potensi pengembangan besar tersebut, pihaknya turut bisa membantu mewujudkan keinginan Presiden Prabowo untuk mencapai ketahanan energi dan juga swasembada pangan.

"Di mana prioritas kerja dari beliau (Prabowo) adalah bagaimana bisa menunjukkan Indonesia memiliki ketahanan pangan dan juga ketahanan energi. Ini juga, apa yang akan kita coba rumuskan dalam konteks manufaktur," kata Menperin Agus.

Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Visi dan Misi Asta Citanya memiliki keinginan untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara yang swasembada di bidang pangan, dan juga energi.

Selain itu, Presiden Prabowo turut menargetkan Indonesia bisa menjadi negara industrialis, sehingga target pertumbuhan ekonomi di atas 8 persen bisa terwujud.

Baca juga: Keberlanjutan pemajuan industri di tangan Agus Gumiwang
Baca juga: Kemenperin sebut industri obat bahan alam catatkan ekspansi tinggi
Baca juga: Industri keramik sambut baik aturan BMAD dan SNI wajib

 

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024