Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus mengatakan Liga 1 Indonesia musim ini tidak akan libur dan akan tetap berjalan ketika timnas Indonesia bertanding di Piala AFF 2024.

Berdasarkan jadwal terkini, turnamen yang tak masuk kalender FIFA itu akan bergulir mulai 8 Desember 2024 sampai 5 Januari 2025. Pada rentang tanggal tersebut, Liga 1 tengah memainkan pertandingan pekan ke-13 hingga ke-17.

"Jalan terus liga, kita berhenti kalau sudah H-4 FIFA Match Day (FMD). Selebihnya jalan terus untuk U-20, U-17," kata Ferry ketika ditemui awak media di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Selain FMD, Ferry mengatakan bahwa Liga 1 kemungkinan akan berhenti saat SEA Games 2025 di Thailand yang dimainkan pada 7-19 Desember 2025.

"SEA Games nanti yang kita pikirkan karena nanti yang ada kita sudah kasih slot yang berhenti. Kita lihat jadwal tiga tahun ke depan. Tapi untuk musim ini, Piala AFF jalan terus, kualifikasi baru berhenti, dan lainnya jalan terus," jelas dia.

Ketika disinggung apakah kebijakan ini akan membuka kembali konflik klub-klub Liga 1 yang enggan memberikan pemainnya ke timnas, Ferry mengatakan hal itu tak akan terjadi lagi.

Baca juga: PSBS Biak pastikan Tucu pulih dari cedera 

Pasalnya, kata dia, seluruh klub sudah mengutarakan komitmennya, "Ya enggak, kan (klub-klub) sudah komitmen."

Indonesia akan melawan Myanmar, Laos, Vietnam, dan Filipina pada babak grup Piala AFF 2024.

Memasuki pekan kedelapan Liga 1, puncak klasemen sementara dihuni Bali United yang mengoleksi 17 poin.

Serdadu Tridatu unggul selisih gol atas Persebaya Surabaya di posisi kedua dan juga unggul satu poin dari satu-satunya tim yang belum terkalahkan, Persib Bandung di posisi ketiga.

Baca juga: Kehadiran Mazola Junior berikan dampak positif untuk PSS Sleman
Baca juga: Dokter tim Persib pastikan Tyronne del Pino dalam kondisi baik

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024